Mendapatkan Sepeda Murah (Revised)


Tulisan ini mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kepada saya mengenai sepeda dengan harga yang murah. Bersepeda tidak harus mahal, anda bisa mendapatkan sepeda murah dengan harga dibawah Rp 1 Juta tetapi bekas. Dalam tulisan ini juga membahas sepeda yang layak pakai untuk keperluan sehari-hari di dalam perkotaan (commuter) jadi mungkin sepeda ini akan lebih mahal jika dibandingkan dengan sepeda baru tapi kualitas abal-abal. Tips ini juga memerlukan sedikit petualangan ;) Ayo kita mulai! Pertama, pergilah ke pasar atau toko penjual sepeda bekas. Carilah sepeda dengan frame berbahan steel/baja. Mengapa? Karena seperti artikel sebelumnya jika berbahan aluminum dia mempunyai masa kekuatan yang baik dan biasanya hanya 1 tahun, nah kita kan tidak tahu berapa lama masa pakai frame itu dan jika sudah mengalami retak atau rusak, sangat susah memperbaiki meskipun di tukang las aluminum sekalipun. Pastikan sepeda yang anda akan beli tidak mengalami kerusakan terutama pada frame. Cek tiap sambungan dan kelurusan frame. Jangan terkecoh dengan cat. Selanjutnya

periksa bagian fork. Pastikan fork tidak mengalami retak atau bengkok, jika fork bengkok dan diluruskan kembali maka akan tidak presisi lagi dan kurang nyaman. Pilihlah fork rigid atau tanpa suspensi karena lebih murah. Sepeda yang dimaksud diatas misalnya, Federal, Master, Mustang, Polygon (steel) dll. Menurut pendapat saya sebaiknya beli yang Federal seri apa saja karena material sepeda ini sangat bagus berikut komponen lainnya. Komponen bawaan sepeda ini hampir semua menggunakan Shimano yang tak diragukan lagi kualitasnya. Selain itu harga sepeda ini sangat murah, kalo tidak salah dulu federal tahun 1989 seharga Rp400.000 kalau sekarang mungkin hanya Rp200-300 ribu. Terus terang saja sepeda saya adalah Federal juga ;) namun bukan berarti Federal adalah pilihan terbaik. Hmm, sepeda saya ini dulu pernah ditawar Rp75.000! Dengan kondisi cukup baik, murah kan? Teman saya juga habis membeli sepeda MTB Raleigh di Pasar Sepeda dengan kondisi sangat bagus untuk sepeda bekas seharga Rp375.000. Baik, jika sudah memeriksa frame dan fork maka anda bisa memeriksa part yang lain misalnya headset, stem, bosh (hub) dan crank namun jika terjadi kerusakan asal tidak kerusakan berat tidak menjadi masalah. Langkah selanjutnya adalah beli sepeda yang telah anda pilih. Setelah anda membelinya sebisa mungkin segera bawa ke bengkel atau bisa anda perbaiki sendiri.

Periksa semua parts jika ada yang rusak jangan terburu-buru menggantinya, sebaiknya diperbaiki saja karena akan menghemat uang anda. Beberapa komponen yang biasanya rusak: Bottom Bracket (BB) , biasanya kerusakan pada ball bearing atau gotri yang melesat atau retak. Hal ini bisa diperbaiki andai kata perlu mengganti BB menggantinya sekitar 40-60 ribu. Bosh/Hub , hampir sama yaitu ball bearing atau mangkuk (istilah bengkel sepeda). Bisa diperbaiki. Harga hub baru 25-100rb. Hub merek Genio 30 ribu depan-belakang, merek Giant (bukan part dari pabrikan Giant lho) 50 ribu satu pasang, merek Formula (recommended) 75ribu satu pasang dengan QR juga. Brake/rem, part ini sangat penting untuk safety riding maka jika rusak atau kurang pas segera perbaiki atau ganti. Jika sistem pengereman masih bagus, ganti sepatu/kampas remnya saja. Jika sudah rusak total, gantilah. Harga brake satahu saya merek Tektro jenis V-Brake 50rb per satu sisi namun jika mengganti dengan tipe V-Brake ini maka brake lever atau handle rem juga harus diganti yaitu seharga 35 ribu satu pasang. Masing-masing berbahan alloy dan kualitasnya dan performanya tidak mengecewakan. RD/FD , part ini tidak begitu fatal karena anda bisa menggantinya menjadi single speed namun jika anda malas membuat jadi single speed, buat saja freewheel (gear belakang) dipaksa menjadi single speed artinya tidak bisa dipindah-pindah sebelumnya disesuaikan dahulu ke gear yang diinginkan. Hal ini akan jauh lebih menghemat karena harga RD/FD lumayan mahal misalnya Shimano Tourney (RD) paling murah sekitar Rp 70.000 belum lagi jika shifternya juga rusak. Rantai , jika rantai tidak layak pakai anda bisa membelinya seharga 30 ribu merek Taya (index) dan ada yang lebih murah lagi. Rims/Velg , velg yang bengkok masih bisa di ketok/kenteng namun berjenis besi jika aluminum sebaiknya diganti saja. Harga velg mulai 30 ribu. Untuk merek United 90 ribu sepasang. Seatpost, jika sudah sangat berkarat sebaiknya diganti karena selain jelek juga berbahaya karena gampanng patah tapi sangat jarang terjadi. Seatpost alloy seharga 25 ribu ukuran 25,4mm. Spoke atau ruji, anda bisa mengganti atau tidak juga tidak masalah asal masih kencang semua dan kuat. Selain itu cek roda dengan cara memutarkan dan dilihat dari depan jika goyang (bukan oblak) bisa jadi ruji ada yang kendur atau sudah lemah. Jika anda mengganti hub, maka sebaiknya mengganti ruji juga karena ruji yang kwalitas bawah sekali pakai atau jika sudah terpasang, dicopot kemudian dipasang kembali kekuatannya berkurang selain itu biasanya tukang stel rujinya juga males hehehe. Harga ruji bervariasi ada yang 15 ribu, 30 ribu dst, yang membuat mahal adalah ongkos pasang dan stel ruji bisa mencapai 20-30 ribu per roda namun hasilnya bagus.

Menurut saya itu saja hal-hal yang terpenting dalam mendapatkan sepeda murah, untuk komponen yang lain misal handlebar (setang), sadel, pedal, stem dan aksesoris anda bisa menentukan sendiri. Jika anda tergabung dalam komunitas sepeda maka akan lebih murah lagi karena bisa mengurangi biaya jasa bengkel karena dikerjakan bersama-sama dan bisa bertukar spareparts dari anggota lain dengan harga yang jauh lebih murah. Baik, Selamat berburu dan tetap utamakan “safety riding” :)

About these ads
Posted in Tips. Tags: , , . 73 Comments »

73 Responses to “Mendapatkan Sepeda Murah (Revised)”

  1. bocahmiring Says:

    mantaff. next article: tips merakit sepeda!

    maknyoss!

  2. dodorobby Says:

    wah bagus nih article nya, tambah trus articlenya om biar tambah semangat gowesnya.

    salam
    clussbi.wordpress.com

  3. pedalsepedaku Says:

    @bocahmiring
    Makasih bro. waduh aku blm pnh ngrakit sepeda jadi blm berani bwt artikel

    @dodorobby
    Makasih jg atas kunjungannya. betul apapun sepedanya musti semangat gowes ;)

  4. sgenk Says:

    DJ, gw jadi pengen beli sepeda, yg sejenis BMX gethu, lumayan bwt kerj , sehat lage , goes goes

  5. Fuad Says:

    Mantaf
    BMXku dari jaman bahula tahun 99 sampe sekarang masih maknyus..

    (Forza WIM) :mrgreen:

  6. pedalsepedaku Says:

    BMX? Cool…

    tp apa nggak capek kalo buat berangkat kerja? soalnya kakinya nekuk terus

  7. rasarab Says:

    yang murah murah gini ane demen :D

  8. attena Says:

    Lah beli bekas tp kug dganti smua, sama aja ngrakit sdiri dunk…
    2nd spedaku djual laku brp ya?

    • andre Says:

      sepedanya kayak gimana?

    • pedalsepedaku Says:

      Sepedanya terserah om. Yng di artikel itu sepeda mtb jadul

  9. pedalsepedaku Says:

    @rasarab
    Gimana? tertarik berburu?

    @attena
    gak semuanya di ganti, itu cuma “jika” perlu diganti

  10. sgenk Says:

    Naek bmx kan lincah, bwt bisa naek naek ke trotoar,, wuss, loncat lage ke atas m0bil bak, wus, lompat lage ke jalan, prittt di tilang pak polisi ?? Mas mas di sini bukan tempat olah raga eskrim, eh ekstrim.
    Jadi andan di tilang.
    Wadaw padahal kan sepeda ga ada STKS kok di tilang ? Plat nomornya juga pake no bwt balap

  11. sgenk Says:

    Naek sepeda ? ? Ketik flash spasi on spasi 100000 kirim ke 3636 , , untuk paket 300mb

  12. rasarab Says:

    woke tertarik kapan kapan goes kesana bareng bareng :)

  13. emiier Says:

    @ bisa g ya @ yg nyariin sepeda buat aq..soalnya blm nah hunting takut salah n ketipu…

  14. H Tril Says:

    Asswrwb, salam sejahtera semuanya, se[peda yg dipake tukang jait, tukang somay, ,….murmer kisaran harga 50rb sampe nggak lebih 120rb gw juga kesel banget ngeliatin para bikers yg ngejual pedah ampe jutaan,……. coba anda2 sekalian menjajagi kelas bawah bengkel sepeda, nambel aje 2rebu, yg bener2 murah dunk! gw punya sepeda mahal INTENS merknye fulsus, jarang pake? dipeke kegunung naek mobil,….cari turunan,..ampe bawah dinaekin mobil lagi,……..? ga usah lah pamer2 sepeda 100rebuan gue paling nyaman. makenye PHONIX asli cina wehh sedap men

  15. pedalsepedaku Says:

    @emiier
    kalo beli baru di toko sepeda mesti terjamin dah tapi toko yang sudah punya nama. tapi kalo beli second ya survey dulu harga barunya dan spesifikasinya bahkan saya pernah harga 2nd sama dengan baru di dealer resminya.

    @H Tril
    Yang penting bersepeda. Saya lebih memghargai orang yang sepedanya biasa saja tapi sering dipakai untuk transportasi daripada mahal namun hanya buat show off.

  16. prast Says:

    salam kenal om, memang untuk mendapatkan sepeda (apalagi merakit) dengan part mumpuni namun “budgetable” gampang-gampang susah, part bekas atau second layak dipertimbangkan namun butuh kesabaran dalam mengumpulkannya, justru disitulah seninya merakit sepeda murah.

    setuju dengan sikap anda, sepeda itu khitahnya buat digenjot bukan dipajang

  17. pedalsepedaku Says:

    @prast: salam kenal juga. sependapat dengan speda yg budgetable gampang2 susah. kebetulan kemarin bapak n kakakku beli sepeda bekas Rp176.000 buat jualan tahu bakso udah layak jalan meskipun ada komponen yang harus diganti. dengan garis bawah, jangan dipake XC atau DH hadeh :p

  18. suhatman Says:

    apakah part2 sepeda itu universal? ukuran bisa sesuai buat tiap2 merk.

  19. pedalsepedaku Says:

    @suhatman

    part sepeda tidak berdasar merek sepeda itu sendiri tergantung dari sistem/model yang dipakai sepeda itu. misalnya pada artikel ini http://pedalsepedaku.wordpress.com/2009/07/29/anatomi-hub/. biasanya sepeda dengan freewheel adalah sepeda lama sedang freehub sering dipakai sepeda baru. saya punya freewheel hub Formula dan bisa dipasangi frewheel Shimano 7 Speed ini artinya sudah ada standarisasi model suatu parts.
    Jadi misal anda mempunyai sepeda “A” anda bisa memasangkan part yang sama pada sepeda “B” jika model part itu sama.

    semoga membantu.

  20. roo Says:

    mhn bantuannya donk. saya ingin menggunakan sepeda ke sekolah (kerja).
    jalanan yg dilalui; paving dan tanah (kering berdebu).
    saya mau beli polygon (atau ada merk lain yg okeh n murah? hehe)

    di antara 2 ini, yg bagus yg mana ya, i mean… yg cocok sm sy yg mana?
    hehe. thx

    http://www.polygoncycle.com/detailbike.php?kode=247

    http://www.polygoncycle.com/detailbike.php?kode=211

    • pedalsepedaku Says:

      Polygon, United dan Wim Cycle adalah produk-produk dalam negeri yang berkualitas dengan harga bersaing. Namun dari ketiga merek tersebut Wim cycle memang yang termurah disusul United sedangkan polygon cenderung lebih mahal namun dengan menggunakan merek part yang ternama selain itu kata penjual sepeda bahwa polygon sudah mempunyai “nama” di pasar sepeda. Jika anda mengiginkan sepeda fullsus (suspensi depan-belakang) maka jelas harga lebih mahal. sebaiknya memilih MTB biasa seharga 1 juta-an seandainya akan membeli sepeda yang anda tunjukan pada link tersebut juga tidak menjadi masalah karena track tidak begitu berat yaa konsekuensinya kurang nyaman saja. Yang cocok? menurut saya terserah anda karena saya lihat kok sama saja namun sesuaikan dengan tubuh anda. Sierra memiliki dimensi lebih besar dan bobot agak berat.

      Selamat bersepeda,
      Semoga membantu

  21. dodol Says:

    makasih ya infonya, lg nyari sepeda bekas murah depok nih dimana yak?? ^_^

    • pedalsepedaku Says:

      para pembaca ada yang bisa membantu?

      cari saja di toko sepeda low atau mid-end biasanya jual sepeda murah atau bekas. jika ada pasar sepeda lebih enak lagi

      happy cycling :)

  22. Didi Says:

    Salam kenal….
    Kalo di tempat saya ( http://filsaiko.wordpress.com ) untuk memancing yang terkendala harga sepeda kami kerjasama dengan Toko Sepeda ngadain arisan… Alhamdulillah sampai saat ini bisa terkumpul 34 goweser baru..
    Mungkin bisa diterapkan di tempat lain

    • pedalsepedaku Says:

      salam kenal juga,

      menarik sekali mas. apalagi toko2 sepeda biasanya juga merangkul komunitas sebagai target pelanggan fanatiknya.
      mungkin anda bisa share cara kerjanya agar tempat lain bisa mengadopsi.

  23. Didi Says:

    OK Om…nanti kami share…
    Btw boleh gak aku link blognya Om…banyak artikel yang menarik

    • pedalsepedaku Says:

      yap, terima kasih
      dengan senang hati. tapi yg mau dituker link yg filsaiko atau milik Om didi sendiri?

  24. Didi Says:

    Yang Filcycco aja Om… http://filsaiko.wordpress.com
    thanks

  25. donny Says:

    wahh bagus c webnya tp mungkin lebih bagus lg , kl tempat pembelian sepeda d bawah 1 jtnya lebih terperinci lagi .. thx ya webnya kreeennn ..

    • pedalsepedaku Says:

      terima kasih mas/mbak donny,

      agak sulit, karena tiap kota memliki tempat tersendiri. saya hanya tau di jogja, solo/kartasura dan sragen untuk kota lain saya tdk tahu. pastinya asal di pasar sepeda atau distrik sepeda bekas menjual sepeda yang murah.
      ok, jangan bosan2 main kesini dan memberi saran-kritik kepada blog ini. thx ;)

  26. angin Says:

    kbetulan ku jg punya mtb federal jadul.yg bwt ku suka framenya.sambunganya halus.pokoknya kualiatas framenya bda ma produk skrg. n 1 lg yg plg ku suka d framenya da tulisan MADE IN INDONESIA. he…

    • pedalsepedaku Says:

      mantab bos, gabung di grup “MTB Federal” Facebook ya. disitu semangat kekeluargaan federalist sangat kuat.
      sssst…menurut info agen federal, ada wacana kalo mo ada jambore Federal se-Jogja hehehe tapi cuma wacana :mrgreen:

  27. fadlan Says:

    kalo mau nyari sepeda yang murah di jogja, dimana ya???

    • pedalsepedaku Says:

      anda bisa main ke “lapak” sepeda teman saya bernama SickTwentySix (S26) di Gowongan Lor.
      harganya miring, tersedia part 2nd tapi kondisi oke punya.

  28. wnda Says:

    woii..cmua na.!
    Dmna tu? Q mw bli..

  29. rara Says:

    wah bener2, setuju, sepeda lama n 2nd jg banyak yang oke n keliatan lebih mantep tongkrongannya dibanding keluaran baru yang abal-abal. buat temen2 yg di palembang kalo mau cari sepeda 2nd liat2 aja di pasar cinde samping bank mandiri, selorong isinya sepeda semua cuy. emg si gak semuanya oke tapi kadang2 ada juga yang nyelip sepeda2 bagus. gw aja beli sepeda MTB merek caribou(gak tau ini terkenal ato gak, bgs ato gak), ada shock dpn, rem cakram, 6 speed, cuma 400rb. tadinya sih gw pikir gak terlalu bagus, tapi pas dah ampe rumah dan di taro samping sepeda abang gw yang wimcycle wah gak kalah keren, malah sepeda abang gw keliatan lebih cungkring,hehehe. lagian rasanya lebih puas pny barang keren dengan harga murah. nah biker palembang buruan berburu sepeda 2nd. disana ada aksesoris juga lo. selain merek federal n merek2 lama lain sepeda wimcycle n poligon jg ada (bekas juga). jadi sesuai budget deh pilihnya. okeh… selamat menggowes buat semuanya

    • pedalsepedaku Says:

      @wnda
      woii juga.
      dimana2 ada, asal mau berpetualang berburu

      @rara
      setuju. sepeda bekas belum tentu tak berkualitas begitu juga sepeda baru belum tentu berkualitas.
      salam pedalsepedaku untuk pesepeda palembang :)

  30. rachmat Says:

    salam knal…sy lagi acri 4 bh sepeda bmx second and murah to transport nak skolah..dmana ya…..

  31. Ishmael Says:

    Waahhhh,…info2nya buagus nih,….

  32. sutan Says:

    ini baru info…, top

  33. luman Says:

    misi mas, kalo di daerah pondok gede-jakarta timur pusat sepeda bekas yang deket dimana ya? saya coba ke keramat jati mahal mahal semua, itu juga baru. mohon pencerahannya, saya mau beli/rakit sepeda balap tapi buat harian

    • pedalsepedaku Says:

      @rachmat
      mungkin anda bisa main ke komunitas bmx di daerah anda. biasanya mereka punya sepeda yg sudah bosan dipakai tapi masih bagus.

      @Ishmael n @sutan
      Alhamdulillah kalau tulisan di blog ini bermanfaat kepada khalayak ramai. terima kasih :)

      @luman
      waduh saya sama sekali tidak mengenali daerah yg anda maksud

    • gogon Says:

      Halo mas Luman,

      di deket pasar pd gede ada toko sepeda dan bengkel, tp gak tau namanya, coba aja ke situ. kalo mau jg bisa ke acin di daerah cipinang melayu

  34. Iqbal Says:

    Mo tanya klo d bandung sepeda second tau g d daerah mana..?? harga pasaran second tuh berapa, tkt ketipu….

    • pedalsepedaku Says:

      wah kalo di Bandung saya tidak tahu. mungkin ada rekan2 yg bisa bantu mas Iqbal?

      Anda harus tau harga sepeda baru di toko2. ya setidaknya beberapa merek saja. biasanya harga 2nd turun 20%-50% dari harga baru tergantung kondisi.
      jika sepeda lama, sekitar 200-400rb untuk kategori MTB

  35. rohmats Says:

    membaca artikel ada merk raileigh, sy jadi ingat waktu pertama kali dulu membeli sepeda; byk sekali merk: federal, mustang, raileigh, bridgestone. Akhirnya beli bridgestone yang mgk setara dengan raileigh tetapi diatas mustang. Sampai sekarang (udh hampir 20 th) masih bagus.

  36. Pena Muslim Says:

    Tips bermanfaat,coba keliling-keling Bandung dulu ah biar dapet sepeda seken(second)murah kondisi bagusss…

    • pedalsepedaku Says:

      terima kasih dan selamat berpetualang

  37. Diandra Says:

    jadi kepengin beli sepeda, yg ada keranjangnya lagi hehe, biar gampang klo lagi ada bawaan.. pernah liat sepeda bekas di pasar rumput sih, tapi lum yakin, jadi blum pd buat beli.. tapi abis baca artikel nih, jadi ada pedomannya, thanks!
    — visit http://m.rujakasik.com

    • pedalsepedaku Says:

      siip, terima kasih kembali.
      web anda sudah saya visit

  38. rahmat Says:

    mantep nih..sy pngen punya sepeda tp dana terbatas..toko sepeda murah daerah karawang mana y?ad yg tau ga?trims para biker…

  39. amin Says:

    nyari sepeda bekas wilayah bekasi/cikarang dimana yah…

  40. Yoga Says:

    Thnks infony.. Ad yg tau pasar sepeda bekas di daerah semarang ga?

  41. 2010 In Review « Bersepeda Untuk "Kita" Says:

    […] on 10 Sepeda Termahalwizza on Sepeda Mercedes Benz Seharga R…mazrizky on AboutYoga on Mendapatkan Sepeda Murah …pedalsepedaku on Tips Inti Aman Bersepeda …dwi on Tips Inti Aman […]

  42. dhanet bike Says:

    salam biker’s

    sparepart sepeda sekarang sudah mahal om harganya..komsterr united oversize rp.40.000..kalau dipikir-pikir mau ngerakit sama beli bekas lebih murah beli bekas,,,betul gak om,,,

    • pedalsepedaku Says:

      saya sarankan memang membeli sepeda bekas dan mulai memperbaiki yang tak layak jalan/pakai.
      betul, mungkin byk permintaan akhir2 ini menjadikan parts cenderung naik harganya.

  43. Ahmad Sukron Says:

    mas,saya daerah bogor nih..
    tepatnya di desa ciangsana kecamatan gunung putri kabupaten bogor. itu semua sepedanya udah terjual belum…???
    biar lebih gampang add facebook saya aja, ahmadsukron99@yahoo.com
    SERIUS..
    PLISS..
    LAGI BUTUH BANGET.

  44. Ahmad Sukron Says:

    BORONGAN saya butuhnya..
    pliss..
    add fb ahmadsukron99@yahoo.com
    terima kasih.
    salam GOESER..!!

  45. Ipung Says:

    toko sepeda bekasi di cikarang dimana ?

  46. didik Says:

    di cikarang ada di
    – lippo ” roda link”
    – delta mas ” turunan setelah jembatan ke arah delta mas” ada di kanan jalan “AA Bike”

    • pedalsepedaku Says:

      terima kasih sudah saling bantu bagi info nya

  47. sabda Says:

    tko sepeda bekas d jogja d mn ea mas????????

    • pedalsepedaku Says:

      pasar sepeda jokteng ada. saya juga punya teman jual sepeda n part 2nd di muja-muju dan gowongan lor

  48. Teddy Buggiana Says:

    Pasar sepeda bekas di Bandung di Jalan Cikapundung, deket perempatan Jl. ABC dan Jl. Banceuy….Saya juga rencananya besok mau jalan2 kesana :)

    • CAU Says:

      Juga di Jl,. Malabar kosambi, dekat rel kereta api…disana banyak jual sepeda second.

  49. agus aribowo Says:

    minta petunjuk, dimana tempat penjualan atau service sepeda merk alphinestar di jakarta, terima kasih.

  50. Pangabean Says:

    Gan,
    minta alamat toko2/pasar2 sepeda bekas jogja dong, macam polygon,united, standarnya harga sepeda bekas turun berapa persen dari aslinya ya?? thanksss

  51. deuis Says:

    Dɪ̣̇M̲̣̣̣̥α̇̇̇̊ȵα̇̇̇̊ Ɣåª kira2 sya Bȋ̝̊̅̄§å mendapat sepeda murah n kualitas bagus??

  52. tuti ismawati Says:

    salam gowessss semuanya……om salam kenal ya…..aku dri sd hingga sekarang(kerja)masih suka sekali memakai sepeda……tetapi sepda yg sekarang udah rusak….aku mau bli bru tpi uangny terbatas om……tpi aku cari kalitas yg lumayan lah…..dimana ya om tempat yg murah di daerah bekAsi n merk apa ya?

  53. Ronaldo Yomaki Says:

    permisi. numpang iklan ya Gan,…Ane jual Sepeda Merk Polygon Bike to Work. warna kuning, kondisi mulus 99%. baru beli bulan Maret 2013. dan hampir tidak pernah dipakai, Harga Nego abis.ane jual krn butuh dana buat, selesaikan skripsi ane. yg berminat serius boleh sms atau tlp. 081357999434. pin ; 21914D41. lokasi ane di kota bandung. untuk kota jogja dan surabaya, free ongkos kirim. Terima Kasih.

  54. D.Edi Suprapto Says:

    tolong info lokasi toko sepeda bekas didaerah jakarta timur dimana ?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: