Suka Dukanya Pakai Fork Rigid


Kata rigid memang mirip dengan salah satu merek part sepeda yang terkenal dengan velg/rims-nya. Rigid dalam bahasa Indonesia menurut kamus artinya kaku, keras. Mudahnya fork rigid adalah fork yang tidak menggunakan sistem suspensi sehingga tidak bisa meredam guncangan. Fork jenis ini sering dipakai di kebanyakan sepeda kuno, sepeda balap, sepeda commuter/road.

Saya akan bercerita mengenai pengalaman menggunakan fork ini karena saya penggemar fork rigid, hmmm ya harus gemar dong lha wong punyanya cuma itu :p.

Yang saya sukai dari fork jenis ini adalah simpel, mudah perawatannya, ringan dan lincah diajak bermanuver apalagi rigid dengan kwalitas materi yang bagus mungkin dari magnesium akan lebih nyaman lagi. Bagaimana dengan kekuatannya? Jika rigid yang benar-benar bagus akan tahan hentakan atau guncangan yang lumayan keras. Kita ambil contoh para freestyler BMX atau olah raga XC yang menggunakan seperti desain sepeda balap. Pada contoh tersebut fork ini mampu menahan hentakan yang bisa saya bilang ekstrim. Saya pernah menonton acara MTV Scared mengenai jatuh terparah. Nomor satunya dipegang seorang freestyler BMX Inggris yang menuruni tangga yang sangat tinggi dan gubraak! Sebenarnya landingnya tidak salah namun roda tidak mampu menahan benturan sehingga roda depan hancur sehingga membuat pengendara terjatuh namun hebatnya fork tidak bengkok. Selain material yang bagus mungkin disain juga mempengaruhi yaitu tebal atau tipis.

Ada juga kelamahan sekaligus duka bagi saya yaitu tentu saja mengahadapi medan yang tidak rata.

Beberapa kali saya ber-offroad ria dengan teman-teman dan saya menggunakan sepeda kebanggaan Indonesia era 80-an yaitu Federal Street Cat. Sangat tidak nyaman ber-offroad menggunakan rigid karena getaran sangat terasa sehingga pergelangan tangan, tangan bagian tengah dan persendian tangan terasa dihantam-hantam sehingga mudah pegal dan berakibat nyeri. Selain itu pada saat saya menuruni medan yang berbatu, stang rasanya tidak patuh pada tuannya, mungkin karena guncangan tidak teredam sehingga terpental-pental sulit dikendalikan. Saya juga takut saat menuruni medan batu tersebut karena desain fork rigid federal berbentuk mengecil dari atas ke bawah selain itu mengingat usia tugas sepeda ini sudah mencapai 20 tahun dan bukan terbuat dari logam anti karat sehingga kecepatan lebih lambat dari teman-teman yang lain. Tahu sendiri kenapa kan? Memang kebanyakan saya melihat kasus sepeda hancur saat offroad adalah rims-nya namun tetap saja tidak menutup kemungkinan rims kuat tapi fork bengkok.

Mungkin anda akan berkata “Siapa suruh fork rigid buat offroad!” hehehe ya memang wajar pernyataan itu karena sepeda yang saya miliki ini tergolong road bike atau sepeda jalan kota dengan kontur yang rata tapi mau bagaimana lagi? Lha dah kepingin offroad banget je!

13 Responses to “Suka Dukanya Pakai Fork Rigid”

  1. Fuad Says:

    Wah
    rims, fork, apa itu, ndak mudeng
    yang jelas sepeda saya wim warna ungu keluaran 90an :p

  2. Ngeblog lewat ponsel Says:

    Saya juga ga mudheng,, rims beda sama rem ya ?

  3. pedalsepedaku Says:

    Maap deh kalo susah dimengerti tapi istilah2 itu sudah ada di artikel sebelumnya. gpp tak jelaskan lagi aja.

    rims= velg
    fork= istilah umumnya garpu roda. seperti gampar diatas itu namanya fork

    @fuad
    lestarikan sepedamu bung

    @sgenk (tak singkat)
    kalo rem namanya brake. hehe sok inggris dikit gpp lah🙂

  4. krisdhi Says:

    Ga pa pa bung. Saya juga suka pakai fork rigid karena lebih enteng untuk bermanuver. Seorang petualang downhill pernah merekomendasikan fork rigid ke saya karena beliau beralih dari fork suspension ke fork rigid atas dasar alasan keamanan manuver.

  5. pedalsepedaku Says:

    Apa iya? wah baru tahu saya tapi apa memang benar2 nyaman untuk downhill?

  6. koi Says:

    Ik jg gak gitu ngerti p tuh enaknya pake rigid or suspensi tp yg jelas suspensi keliatan lebih keren gitu

  7. gugugu Says:

    Bossss,,, kalo ada fork rigid 2nd dijual sms ke 085710378811, nyari tp gk dpt2 ni rigid

    • yanuar item Says:

      mau juga bos kalo ada fork rigid 2nd buat sepeda balap.
      saya pake rim+ban 700..
      saya posisi di semarang.kalo ada info sms ke 08562769863 yak..thx

  8. pedalsepedaku Says:

    @koi
    estetika juga menjadi pertimbangan

    @gugugu
    rigid yg gimana dulu? anda tinggal di mana?

  9. pedalsepedaku Says:

    @yanuar
    sepertinya agak susah untuk mencarinya

  10. Bram Says:

    salam kenal.
    saya kemaren baru pertama kali ofroad d JPG pake fork rigid mas.

    • pedalsepedaku Says:

      asik kan?:mrgreen:

  11. candra Says:

    yang difto rigid model app gan?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: