C-One Sang Peruntuh Dominasi?


Bagi para pesepeda yang suka merakit sepeda khususnya MTB pasti tidak pernah luput tentang bahasan frame, dimana pun frame menjadi topik pembicaraan yang hangat. Ada ungkapan kalau frame sudah dapat, yang lain (parts) bisa menyusul. Maka dari itu tak jarang seseorang hanya memiliki frame saja selama berbulan-bulan.

C-One

Sehangat pembicaraan frame tadi, kini salah satu produsen sepeda dalam negeri yaitu Wim Cycle (heeeboh! Black Sheep) merilis frame hardtail dengan harga yang sangat bersaing. Frame tersebut bernama C-One. Frame ini diperuntukkan pada medan jalan perkotaan dan XC (cross country). Hadir dengan pilihan warna hitam dan putih sayangnya belum ada keterangan jelas range ukuran frame berapa saja yang tersedia dan dimana saja sudah dipasarkan. Pastinya frame ini dibanderol Rp350.000 (pulau jawa).

Kualitas frame ini saya sendiri belum tau tapi saya membaca beberapa tanggapan orang-orang di forum dan blog yang sudah mendapatkan frame ini bahwa cukup ringan dan finishingnya juga rapi atau bisa dibilang worth it!. Desain simpel bisa menjadi senjata utama frame ini karena ternyata banyak juga orang yang menyukai desain yang simpel, mungkin biar terlihat elegant? I dont know

Dominasi apa yang diruntuhkan oleh C-One? hmm mungkin sesuai namanya yaitu frame Dominate milik United Bike. Sama-sama merek dalam negeri dan harganya pun bersaing juga, sekitar Rp450.000-Rp570.000 dan sama-sama diperuntukkan jalan perkotaan dan XC berikut pilihan warna hitam dan putih. Jelas frame ini sudah mendominasi frame entry-level beberapa tahun sehingga sudah tak asing lagi di telinga para pesepada bahkan seorang pemula. Kualitas yang tahan banting dan desain yang garang membuat dominate tetap mendominasi tetapi beberapa orang mengatakan sangat disayangkan finishing masih terbilang kasar. Ada yang bilang cat mudah mengupas, berubah warna, bekas pengelasan atau potongan kurang rapi. Mungkin itu point minus bagi frame ini.

Dominate

Pastinya, C-One adalah alternatif bagi anda yang akan merakit sepeda entry-level dan low budget atau bisa juga untuk koleksi pedamping Dominate anda. Bisa jadi malah menggeser pasar Dominate? entahlah.

Itu saja, jangan bingung dan heran pada tulisan ini. mau dibilang review ya boleh, pandangan juga bisa, celotehan juga tak masalah yang penting hari ini saya ingin nulis dan bercerita Not talking. maksa nih? Sarcastic

sumber: http://www.unitedbike.com, http://www.wimcycle.com

12 Responses to “C-One Sang Peruntuh Dominasi?”

  1. rasarab Says:

    denger denger ini frame paling murah
    kalu boleh tanya itu tempat linggisan shock nya besar atau kecil ya?

    • pedalsepedaku Says:

      ya sebenernya ada yg lebih murah lagi sih tapi yg ini udah standar buat XC. linggisan shock apaan? maklum ane pake bahasa ilmiah bukan bahasa bengkel udug hehehehe:mrgreen:

  2. rasarab Says:

    wkwkwkwkw CCT:mrgreen:
    ini nya lho -> http://img407.imageshack.us/img407/2061/dominate.jpg
    itu lo tempat nya, nama ilmiahe ane bingung, itu besar atau kecil seperti diamante ane ma federal ente tukan kecil tu

    kalau besar sih minat mau beli

    • pedalsepedaku Says:

      owalah head tubenya to? wah ane kagak tau coz belum pernah sama sekali liat langsung. di websitenya aja dikit banget keterangannya.

      keknya diamante ente lebih gede daripada punya si Stacy yg diameternya hanya 1 inchi

      naga2nya mau mbangun pit nih? pake frame choper ente yg di dapur aja:mrgreen:

  3. amanda Says:

    headtubenya uda oversized gan..uda yang gede..ane baru beli..enteng n finishingnya bener2 rapijali…alus..weld jg oke..

    yang pasti hargnya jg murah..hahahah

    • pedalsepedaku Says:

      mantab kang infonya,

      wah, ni bisa jadi perusak anggaran belanja 2011 nih:mrgreen:

      btw, harganya masih 350 an?

  4. abramsp Says:

    salam kenal gan. saya baru aja pake frame ini. untuk on road enak bgt soalnya enteng. maklum aja sebelumnya sy pake frame hiten jadinya terasa bgt perbedaannya. untuk ofrod sy pernah tes di hutan UI. mungkin karena frame sebelumnya ukuran kecil 15″ sekarang ini giliran pegang C-One yg 17″ agak kagok terutama untuk belokan2 tajam dan sempit ciri khas single track hutan UI. mungkin nanti kalo udah terbiasa ga gitu lg. saya ga bisa bandingkan dengan Dominate karena sy blm pernah tes ride sepeda dgn frame Domi.

    • pedalsepedaku Says:

      wah makasih udah ikut review frame ini. saya malah belum pernah coba, cuma liat saja punya orang hehe

  5. arbie Says:

    kalo dominate saya pernah cobain punya temen, maennya di hutan UI juga. menurut saya sepedanya cukup stabil mungkin pengaruh dari shock gila pro sama ban maxxisnya juga kali yaa

    • pedalsepedaku Says:

      saya juga pernah nyoba. enak juga, tapi kadang teman2 membicarakan sangat teknis, entah geometri, entah center of gravity atau entah kemampuan menahan getaran dan distribusinya.

  6. abramsp Says:

    sayangnya ga ada pengembangan apapun dari Wimcycle pd frame ini. beda dgn Domi yg selalu berevolusi.

  7. Iyas Says:

    udah 2 thn C-ONE digowes di kota Bogor. di jalanan kampung sampe jalanan makadam udah dilewatin. Mantep banget ini frame. stabil.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: