Terbesit Ingin Sepeda Cruiser


Sepeda Cruiser atau Beach Cruiser merupakan sepeda dengan desain klasik yang telah diciptakan sekitar tahun 1940-an namun populer kembali tahun 1990-an. Deskripsi umumnya yaitu sebuah sepeda dengan ban balon (Ballon tires), single speed drivetrain, frame baja dan postur mengendarainya secara tegak.

Felt Cruiser

Menurut para penggemar sepeda custom, Cruiser adalah “orang tua” dari sepeda Low Rider. Perbedaan pokoknya adalah jarak frame dengan tanah. Cruiser lebih tinggi sedangkan Low Rider lebih rendah atau ceper. Seiring dengan perkembangan zaman dan kreatifitas penggemar Cruiser, gambaran umum di atas tadi seperti tidak dipakai lagi. Seperti, ban MTB offroad, ditambahkan Derailleur (non single speed), frame aluminum dan ada juga mengendarainya seperti MTB yaitu agak membungkuk. Tetapi, mereka masih mempertahankan desain lekukan frame yang khas ala Cruiser.

Cruise the Beach with the James Perse Custom

Entah kenapa seakan-akan ada “jiwa” yang lepas dari sebuah sepeda Cruiser dan coba merasuki pikiranku sehingga saya mulai melirik sepeda jenis ini. Memang saat ini merupakan trend-nya fixed gear atau fixie namun saya sama sekali tidak tertarik dengan sepeda itu (ini hanya masalah selera). Selain itu sepertinya di Indonesia juga kurang populer jika dibandingkan Low Rider yang sempat berkibar di tanah air yang saya juga tak tertarik dengan sepeda ini karena daya jelajah yang kecil karena postur mengendarainya tidak memungkinkan jarak jauh. Sedangkan Cruiser memiliki konstruksi frame yang lebih tinggi sehingga lebih nyaman jika dipakai untuk bersepeda agak jauh.

Ban balon yang besar, handle bar melebar dan lekukan frame yang unik membuat saya jatuh cinta yang tak tergapai untuk saat ini.

 

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Cruiser_bicycle

6 Responses to “Terbesit Ingin Sepeda Cruiser”

  1. Omdjoko Says:

    Sudah banyak penggemarnya kok, silakan intip di HI setiap minggu terakhir di akhir bulan….Biasanya sepeda ini tergabung dengan komunitas low rider. Pabrikan pun telah mengeluarkan type Cruz 2011. intip aja disini
    http://int.polygoncycle.com/index.php?pgid=d_bike&bikeid=289&par=7

    • pedalsepedaku Says:

      betul om, bahkan di jakarta udah ada recumbent bike sdgkn di jogja saya blm pernah nemuin. artinya mungkin di jakarta lumayan banyak penggemarnya sedangkan di daerah lain dikit, tdk seperti fixie akhir2 ini yg begitu merata

  2. jaqueleto1985 Says:

    kruizr walo dikit juga merata di kota2
    cuma tidak se-PD anak fixie saja🙂

    http://sepeda-lintas-cakrawala.blogspot.com

    • pedalsepedaku Says:

      Yup, khususnya kota2 besar sudah mulai nampak eksistensinya😀

  3. deramdhani Says:

    2 bulan lalu saya beli cruiser pabrikan, lagi nyari temen nih buat gowes. Pengennya sih bikin komunitas khusus nih, krn biasanya cruiser gabung ke low rider hehehe

  4. yovi Says:

    cari sepeda cruiser dgn harga yg bersahabat di mna ya mas . .
    mohon infonya . .
    081267743677 (Yovi)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: