Full Suspension atau Hardtail?


Mungkin sebagian orang mengalami kebingungan saat akan membeli sebuah sepeda apakah memilih full suspension atau hardtail. Dalam bahasan ini saya asumsikan sepeda dengan fork suspension.

Full suspension (fullsus) bike merupakan sepeda yang dilengkapi suspensi depan (fork) dan belakang atau ada istilah lain frame suspension. Sedangkan hardtail adalah sepeda yang tidak memiliki suspensi belakang.

Sepeda full suspension sering digunakan untuk medan off-road hingga cenderung ke ekstrim misalnya untuk olahraga downhill, cross country, free ride dan trail bike bahkan saya pernah melihat video dirt jump menggunakan full suspension. Full suspension diyakini lebih stabil saat mengahadapi medan terjal karena mampu meredam guncangan dan mengurangi efek terpental selain itu lebih nyaman. Namun beberapa pendapat full suspension kurang nyaman saat di medan yang rata/on-road dan sulit untuk diajak ngebut karena bagian belakang mengayun saat dipedal. Ada juga yang menyangkal pendapat tersebut dengan munculnya beberapa desain/konfigurasi suspensi belakang dan suspensi yang bisa dikostumasi secara mudah untuk mengahadapi berbagai macam track termasuk on-road sehingga bisa bersaing dengan hardtail.

Sepeda hardtail juga dipakai dalam olah raga cross country atau trailbike namun lebih populer di olah raga four cross dan dirt jump (freestyle), hingga saat ini saya belum pernah melihat hardtail untuk downhill. Sepeda ini sangat digemari untuk jalan on-road karena ringan, perawatannya mudah dan lincah untuk diajak ngebut dan manuver di jalanan. Ada juga alasan beberapa orang memilih hardtail karena desainnya yang simpel/ringkas.

Mungkin bisa saya tarik kesimpulan jika anda ingin membeli sepeda untuk jalan rata dan terkadang mencoba medan offroad saya rasa hardtail pilihan yang bagus. Selain alasan diatas tadi, pada kelas yang sama dengan full suspension relatif lebih murah (berdasarkan brosur salah satu produk sepeda).

Sebaliknya jika anda memang ingin membeli sepeda untuk hobi anda berpetualang, full suspension pilihan yang bagus pula. Namun konsekuensinya, selain bobotnya lebih berat dari hardtail, harganya juga lebih berat (pada kelas yang sama).

Disini saya tidak mengatakan full suspension lebih baik dari hardtail atau sebaliknya namun hanya mengumpulkan beberapa pendapat orang2 di sekeliling saya dan mencoba menyimpulkannya.

10 Responses to “Full Suspension atau Hardtail?”

  1. Cipzto Says:

    aku cuma pernah punya sepeda hardtail🙂
    full suspension malah belum pernah nyoba

  2. pedalsepedaku Says:

    fullsus maknyus bang cipz

  3. omiyan Says:

    etul banget mas dan emang saya juga lebih memilih hardtail, toh jalanan kita masih rata dan ga ekstrim banget…

    salam hangat dari saya http://sibirupremier.wordpress.com/

  4. TukangCHATING Says:

    Full suspensi kayaknya malah empuk, koyok nunggang rondo

  5. sofian Says:

    fulsus atawa hard tail tergantung kebutuhan. yg lebih penting kantong paling menentukan, hehe..

  6. pedalsepedaku Says:

    @TukangCHATING: Hok o po?

    @sofian: setuju banget. jangan korban mode/gengsi.
    @omiyan: wokeee. Kalo aku dua-duanya hard. baik depan maupun belakang. Hidup Rigid!😉

  7. koi Says:

    Salam kenal,klo saya se7 hardtail wong cuma punya itu lagian jalanan yang sering kita lewatin bs dikatakan extreme gak halus jg gak

    • pedalsepedaku Says:

      Salam kenal juga.
      Yup

  8. bayoe Says:

    udh pernah bandingin fullsus ama hardtail … kl medannya aspal ama sedikit kasar … lebih nyaman pake hardtail … kl medannya berat ..lebih nyaman pake fullsus ..

  9. Deeeemaz43 Says:

    sepeda fullsus saya bisa dikunci (lock out) suspsensi belakangnya, jadi serasa punya sepeda fulsus & hardtail….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: