Grand Theft Bicycle


Bagi anda penggemar gim (baca: gamer) pasti tak asing dengan game Grand Theft Auto atau disingkat GTA yang dipopulerkan oleh Rockstar Games. Sedangkan tulisan ini GTB tapi bukan sekuel dari game itu melainkan kependekan dari judul tulisan ini. Yap, sama-sama tentang pencurian namun bedanya adalah objek yang dicuri yaitu kendaraan bermotor dengan sepeda. baik, kita bahas tentang GTB.

Bicycle Lock Saat ini, sepertinya orang-orang mulai menggemari sepeda untuk berbagai alasan dan bagi yang tidak menggemarinya juga setidaknya tahu bahwa tidak semua sepeda adalah murah(an). Seiring menaiknya minat bersepeda, maka mendorong industri sepeda baik dalam maupun luar negeri bersaing dengan kualitas sepeda di segala segment pasar. Sayangnya juga mendorong tingkat pencurian sepeda di berbagai kota khususnya Yogyakarta.
Hari demi hari sepertinya selalu ada berita kehilangan sepeda. Parahnya, beberapa korban adalah teman saya. Memang, kebanyakan kejadian kemalingan adalah karena kecorobohan/kelalaian. Jadi, sekarang kita harus lebih waspada dan melakukan tindakan pengamanan sepeda kita.

Mengunci sepeda adalah tindakan yang paling sederhana. kunci sepeda tidaklah mahal, mulai dari Rp10.000-an hingga ratusan ribu rupiah. Memang tidak memberikan jaminan keamanan 100% tapi setidaknya menambah persentase tingkat keamanan sepeda anda dari tindak pencurian.
Ada sedikit tips sederhana tapi kadang terlupakan oleh kita. yaitu:

  • Kuncilah sepeda anda dengan kunci khusus sepeda misalnya kunci U-Lock, Cable Lock, Chain Lock dll. Jangan gunakan gembok pintu pada rantai anda. sebab, selain bisa merusak rantai juga merusak sprocket ketika mencoba menggerakkan sepeda. Karena cenderung tidak terlihat, mungkin seseorang yang tidak berniat mencuri cuma mau menggeser sepeda anda jadi “kraaak…” hal buruk terjadi. kejadian semacam ini juga terjadi jika anda memasangnya di rotor atau discbrake sepeda anda. Hal ini diambil dari pengalaman teman saya.
  • Sebisa mungkin kuncilah frame dan roda belakang ke objek yang permanen misal tiang bendera atau pohon:mrgreen: . Justru metode semacam ini lebih dianjurkan daripada hanya frame dan roda belakang karena masih bisa diangkut. Tapi setidaknya lebih aman dari pada mengunci roda depan dengan objek permanen karena anda akan ditinggali sebuah roda depan saja. Memang seperti di film Warkop DKI tapi benar2 pernah terjadi lho.
  • Pastikan mengunci hingga “klik” dan kuat. hal sepele tapi sering terjadi.

Bicycle Lock

Aneka macam kunci pengaman sepeda

Selain itu, apa yang harus dilakukan jika kita kehilangan sepeda juga?
pastinya ya mencari tapi cara efektif yang dilakukan teman2 adalah langsung mengabari teman bahwa sepeda anda hilang dan minta tolong untuk disebarkan ke komunitas  atau jejaring sosial via internet berikut foto dan ciri-ciri sepeda anda secara lengkap. Selanjutnya, anda bisa lapor ke Polisi. Jika disitu ada petugas keamanan, maka hal pertama tentunya lapor ke petugas itu hehehe:mrgreen:. Terakhir adalah mengajak teman-teman untuk mengawasi pasar atau toko sepeda bekas, ya siapa tau si maling lagi keburu2 butuh uang.

Kalau di America, pencurian sepeda masuk files FBI juga lho. Mungkin Indonesia bisa membentuk Detasemen Khusus Counter GTB Cool

2 Responses to “Grand Theft Bicycle”

  1. Petruk Says:

    Sepeda temen ane gan…ilang di depan rumah, kasian juga T_T (teledor keknya)
    karena peminat sepeda semakin banyak, dan harganya yang sekarang cukup variatif (kadang ngalahin harga sepeda motor)..memang jadi inceran para maling tuh…gampang dipretelin, gampang juga ngejualnya
    ane sering males ngunci2….tapi ane ikutin sarannya Agan deh!!! dikunci walaupun dirumah (walaupun keliatannya lokasi aman…tapi siapa tau… tull ga gan??!!)
    makasih udah di ingetiin….

    • pedalsepedaku Says:

      sesama persaudaraan pesepeda saling mengingatkan🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: