Peraih Nobel Kimia 2009, Kemanapun Naik Sepeda


Dr. Venkatraman Ramakrishnan

Dr. Venkatraman Ramakrishnan, pemenang nobel Kimia tahun 2009 tinggal di Cambridge, tidak memiliki mobil dan berkendara menggunakan sepedanya kemanapun dia pergi.

Dr. Venki begitulah nama panggilan akrabnya, baru-baru ini telah diwawancarai anggota Ridecycle dan Bangalore Bikers Club. Berikut cuplikan wawancaranya:

Mengapa anda lebih suka bersepeda?

Saya bersepeda ada beberapa alasan, yang pertama adalah bahwa saya menikmati bersepeda. Ini adalah modus transportasi yang sangat bagus. Tidak mencemari lingkungan!. Mesku saya tidak berlari dan latihan mengangkat beban, saya mempunyai olahraga dalam bentuk berbeda yaitu bersepeda setiap hari. Ketika anda mulai bekerja, anda harus tetap terjaga, waspada, dan siap bekerja kapan saja. Ketika anda selesai bekerja pada sore hari maka dengan bersepeda akan mengurangi stress dan membuat anda santai, maka dari itu saya pikir inilah gaya hidup yang bagus.

Apa yang anda katakan kepada orang-orang yang mengatakan bahwa besepeda adalah lambat dan membuang waktu?

Itu adalah alasan yang sama sekali tidak benar. Itulah alasan orang-orang yang tidak ingin/enggan bersepeda dan apapun kegiatannya pasti alasannya akan sama karena mereka dari awal sudah tidak ingin melakukannya. Di Cambridge, ketika saya pergi makan malam dengan teman-teman, saya biasanya sudah berada di restoran sebelum tamu-tamu undangan makan malam tiba dan jaraknya lebih dari 5 km jadi dengan begitu saya lebih cepat dengan menggunakan sepeda.

Seberapa pentingkah menjadi orang tua bersepeda?

Orang dewasa sebagai panutan sangat penting bagi anak-anak. Seorang anak tumbuh dan melihat orang tuanya bersepeda, maka dia akan menirunya. Jika mereka (anak-anak) hanya melihat contoh transportasi bermotor maka mereka juga menginginkannya.

Dr. Venki (baju merah) dan Bangalore Cycling Enthusiasts

Jika anda tidak punya sebuah mobil, bagaimana anda membawa barang belanjaan?

Kami (Dr. Venki dan istrinya Vera Rosenberry, seorang penulis dan ilustrator buku anak-anak) memasang pannier (tas/keranjang beban) pada tiap sisi sepeda, dimana kami dapat menyimpan/memasukkan barang belanjaan kami.  Sebenarnya, bersepeda untuk pergi berbelanja adalah sangat baik bagi finansial Anda. Dengan mobil, akan membeli banyak barang dan tidak khawatir susah untuk membawanya dan cenderung akan memenuhi kapasitas ruang mobil secara maksimal sedangkan denga sepeda, Anda akan dipaksa untuk menentukan barang yang paling dibutuhkan saja karena kapasitas bawaan yang kecil.

Konon, Einstein menemukan teori relativitas ketika dia sedang bersepeda. Bagaimana dengan anda?

Bersepeda membuat pikiran menjadi lebih rileks sehingga dimungkinkan untuk memikirkan salah sartu dari berbagai permasalahan dan menemukan solusinya.

Demikian kutipan wawancara dengan Dr. Venki. Jika dia tidak punya mobil bukan berarti dia tidak mampu membelinya karena bagi seorang ilmuan di negara Eropa apalagi meraih Nobel tidak mungkin digaji rendah, tidak digaji pun pasti ada donasi atau royalti dari penemuan-penemuan yang telah dilakukan.

Saya harus angkat topi buat Pria keturunan India ini Cowboy. Siapa tahu, dengan giat bersepeda bisa membuat otaknya encer seperi Pak Venki Nerd. Kalo begitu tambah rajin bersepeda ah…Smug

Sumber: http://quickrelease.tv, http://bangalore.citizenmatters.in, http://nobelprize.org/nobel_prizes/chemistry/laureates/2009/index.html

7 Responses to “Peraih Nobel Kimia 2009, Kemanapun Naik Sepeda”

  1. [Klik Disini Untuk Melihat] Ternyata Adegan Porno Dalam Film Avatar Vers DVD Ga dipotong apa kata dunia? Says:

    Wah gan salut sama bapak satu ini
    smga nanti anak mudah indonesia bisa mengantikannya y gan🙂
    udah pnter suka olahraga lg

    • pedalsepedaku Says:

      Iya mas. Emang hebat bapak ini. Mungkin yang tersirat di wawancara diatas adalah disiplin dan bergaya hidup sehat akan menjadi seseorang meraih sukses.
      bisa dibilang, Dr. venki adalah EcoGeek

  2. saddam hsb Says:

    bgs bgt artikelnya ne…

    menggugah bgt tuk bersepeda aja,,,

    besok naek sepeda lah,,,,

    • pedalsepedaku Says:

      Terima kasih mas, semoga aja artikel ini nggk dibajak (menyalin tanpa mencantumkan sumber)😦.
      Bagus! dengan giat bersepeda, Indonesia akan semakin Jaya!

  3. WINARSO HARUN Says:

    Wow salut juga ya..dengan pola hidup bersepeda…aku akan mencoba dulu dengan Bike to Work….

  4. deaz Says:

    astaga !!!!!!!!!
    ternyata orang ini yyyaaaa….
    huu…huuu…
    T.T
    barusan q ujian FILSAFAT&FRONTIER KIMIA…ada pertanyaan “siapa peraih nobel kimia thn 2009 n 2010?’
    hadewwhh….dosen’a g pernah sekalipun nyinggung masalah ini…
    tadi tak jawab ajjah ” peraih nobel bidang kimia thn 2009 adalah ******* (nama dosennya)”
    wkwkwkwkwkwkk..

  5. 2010 In Review « Bersepeda Untuk "Kita" Says:

    […] The busiest day of the year was January 14th with 254 views. The most popular post that day was Peraih Nobel Kimia 2009, Kemanapun Naik Sepeda. […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: