Fitur Standar Cyclometer


CatEye Vectra Wireless

Jika di wikipedia cyclometer adalah suatu alat yang berhubungan dengan mesin enkripsi atau penyandian (enigma) dan menurut bang Wikipedia juga, alat yang dipasang pada sepeda berfungsi memberikan informasi perjalanan seperti pada panel dashoard mobil disebut Cyclocomputer.
Apapun istilahnya, artikel ini akan membahas mengenai Cyclometer versi sepeda (cyclocomputer). Berhubung nama pasarnya Cyclometer jadi saya akan menggunakan istilah tersebut disini.

Cyclometer terdiri minimal 2 komponen utama yaitu sensor bertugas merekam aktifitas (misalnya pada salah satu ruji/spoke dan penangkapnya pada salah satu sisi fork) dan komputer berfungsi memproses data yang dikirimkan dari sensor dan kemudian menampilkannya (terpasang pada handlebar).

Baiklah kalau beg beg beg begitu, berikut fitur standar sebuah cyclometer:

Current Speed: Menghitung kecepatan saat itu secara aktual (real time). mirip dengan speedometer.

Average Speed: Menghitung kecepatan rata-rata dalam periode tertentu. Biasanya fitur ini sangat dibutuhkan bagi pesepeda jarak jauh

Maximum Speed: Dapat mengetahui kecepatan maksimum.

Total Distance: Menhitung total jarak tempuh satu perjalanan atau akumulasi beberapa perjalanan. Bisa juga disebut Odometer

Trip time: Menghitung lamanya suatu perjalanan.

Clock: Jam atau penunjuk waktu. Biasanya juga dilengkapi kalender.

CatEye Vectra Wireless sensor

Cadence: Mengetahui jumlah rotasi crank per menit. Dibutuhkan alat tambahan berupa sensor yang diletakkan pada crank dan frame.

Heart rate monitor: Mengatahui denyut jantung pesepeda secara real-time yang datanya dikirimkan oleh sensor berupa sabuk yang diikatkan di dada pengendara. Alat ini cocok bagi para penderita gangguan jantung. Apabila denyut jantung melebihi batas, maka Cyclometer akan memberikan peringatan berupa alarm (fitur tambahan).

Power meter: Menghitung tenaga atau daya dan pengendara. Juga membutuhkan sensor torsi yang dipasang pada bottom bracket

Altitude: Mengetahui tingkat ketinggian pada saat itu.

Inclinometer: Mengetahui tingkat kemiringan suatu objek.

Auto pause: Menghentikan penghitungan jika sepeda berhenti/diam. Sehingga penghitungan dapat murni ketika seseorang bersepeda. misalnya menghitung waktu tempuh.

Average perecentage grade: Mengubah data angka menjadi persentase sehingga akan lebih mudah dipahami

Temperature: Sama halnya termomter yaitu mengukur suhu udara sekitar.

Backlight: Lampu latar untuk penerangan ketika membaca cyclometer saat keadaan gelap. Meskipun hal ini wajar pada ponsel atau arloji namun tidak semua cyclometer dilengkapi fitur sederhana ini tapi penting.

Voice recorder: Sebagai perekam suara. Mungkin banyak yang acuh terhadap fitur ini namun ketika anda bersepeda, apakah anda membawa kertas dan pena atau setidaknya mudah dijangkau?

VETTA V100HR With Cadence & Heart Rate Wireless

Low battery indicator: Memberikan informasi jika baterai sudah lemah. Sama seperti fitur backlight, fitur sederhana tapi penting dan tidak semua cyclometer low-end memiliki fitur ini. Bisa dibayangkan ketika suatu saat anda ingin mencetak rekor kecepatan namun tiba-tiba pet…

Wireless: Merupakan fitur dimana suatu cyclometer tidak menggunakan kabel sebagai media penyampaian informasi dari sensor ke komputer (nirkabel). Lebih ringan dan rapi tentunya.

GPS (Global Positioning System): Saya sendiri masih bingung antara alat GPS mempunyai fitur-fitur cyclometer atau cyclometer memiliki fitur GPS. pastinya dengan fitur ini, tidak hanya sebagai alat pengukur saja melainkan alat navigasi perjalanan anda. Fitur ini biasa dipakai para petualang atau touring.

Sigma Sport Cyclometer BC400 Wired

Fitur-fitur diatas bukan berarti ketika anda membeli cyclometer terintegrasi di dalamnya semua karena beda merek juga terkadang beda fiturnya, bisa juga meskipun sama satu merek tetapi dengan versi dan harga yang berbeda juga akan membedakan jumlah fitur yang tertanam di cyclometer tersebut.

Referensi: Majalah Cycling Edisi 49

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: