Automatic Shifting by SHIMANO


Tidak hanya motor atau mobil saja yang bisa memindah gear secara otomatis, sepeda pun bisa karena berkat hadirnya produk dari SHIMANO membuat sepeda anda akan menjadi lebih nyaman dikendarai.
Komponen ini (Automatic Shifting) diperuntukkan bagi pengendara sepeda yang tidak membutuhkan performa yang tinggi, melahap medan offroad atau bermanuver bahaya. Komponen ini berupa internal gear hub 3 speed (gear berada dalam hub) seperti halnya Shimano Nexus pada sepeda Polygon Siera.
Komponennya terdiri dari dinamo yang menyatu dengan front hub digunanakan sebagai pembangkit blok komputer. Blok komputer berupa komponen elektronik yang tersimpan dalam kotak digunakan untuk mengatur waktu transmisi/perpindahan gear. Komponen terakhir adalah internal gear hub set.

Automatic Shifting Set

Cara kerjanya kurang lebih begini:
Pada saat sepeda melaju, dinamo akan menghasilkan arus DC  ke block komputer sehingga komputer akan terus terjaga selama roda depan berputar. Dinamo tersebut juga terintegrasi sensor kecepatan seperti halnya speedometer atau odometer pada Cyclometer. Dinamo tersebut mengirimkan data berbentuk kurva digital kepada blok komputer untuk diproses dan diterjemahkan yang hasilnya berupa keputusan; shift-up, static, shift down. Arus DC dan data dari sensor dikirimkan ke blok komputer melalui kabel yang tertanam rapi melalui fork – head tube – down tube dan berakhir di dekat bottom bracket. Di dalam blok komputer juga dilengkapi komponen mekanis seperti Derailleur yang bertugas menarik atau mengulur kawat agar gear berpindah posisi (shifting).

Baik, begitulah kurang lebihnya cara kerja komponen ini. Mohon dikoreksi apabila ada kesalahan.

Sumber: http://news.cnet.com

Dynamo

Coasting Bike With Automatic Shifting

3 Responses to “Automatic Shifting by SHIMANO”

  1. motorbreath Says:

    beli alatnya dimana???

    • pedalsepedaku Says:

      ketika saya menemukan berita ini, alat tersebut masih konsep yang terus di uji coba. mungkin sekarang sudah diproduksi massal. kemungkinan besar, di indonesia belum ada

  2. bike4everything Says:

    Seru juga nih…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: