Ini Lho, Mungkin Yang Dimaksud Paru-Paru Basah


Ada sebuah kasus;

Pak Andi (bukan nama sebenarnya) sering ber-b2w (bike to work) atau commuting atau berangkat-pulang kerja naik sepeda namun suatu ketika Pak Andi tiba-tiba disuruh sama Bos untuk lembur sampai jam 21.00. Ketika lembur berakhir, Pak Andi disapa SATPAM kantornya sebut saja Pak Banu yang berkata “Dah selesai Pak Andi? wah pulang malam gowes sepeda ya? ati-ati lho pak nanti kena paru-paru basah” begitu tukas pak Banu. Kemudian Pak Andi tetap pulang dengan gowes sepeda kesayangannya diliputi rasa penasaran dan gusar. Sesampai di rumah Pak Andi berusaha mencari tau apa sih paru-paru basah itu? dan dia menemukan beberapa artikel medis yang diduga paru-paru basah yaitu Pleura Effusion (Efusi Pleura). berikut artikelnya dari medicastore.com dan Pak Wiki Bule:

Massive left-sided pleural effusion (whiteness) in a patient presenting with lung cancer.

DEFINISI
Efusi Pleura (Fluid in the chest; Pleural fluid) adalah pengumpulan cairan di dalam rongga pleura.
Rongga pleura adalah rongga yang terletak diantara selaput yang melapisi paru-paru dan rongga dada.

Dalam keadaan normal, hanya ditemukan selapis cairan tipis yang memisahkan kedua lapisan pleura. Jenis cairan lainnya yang bisa terkumpul di dalam rongga pleura adalah darah, nanah, cairan seperti susu dan cairan yang mengandung kolesterol tinggi.

Hemotoraks (darah di dalam rongga pleura) biasanya terjadi karena cedera di dada.
Penyebab lainnya adalah:
– pecahnya sebuah pembuluh darah yang kemudian mengalirkan darahnya ke dalam rongga pleura
– kebocoran aneurisma aorta (daerah yang menonjol di dalam aorta) yang kemudian mengalirkan darahnya ke dalam rongga pleura
– gangguan pembekuan darah.
Darah di dalam rongga pleura tidak membeku secara sempurna, sehingga biasanya mudah dikeluarkan melelui sebuah jarum atau selang.

Empiema (nanah di dalam rongga pleura) bisa terjadi jika pneumonia atau abses paru menyebar ke dalam rongga pleura.
Empiema bisa merupakan komplikasi dari:

Pleural effusion Chest x-ray of a pleural effusion. The arrow A shows fluid layering in the right pleural cavity. The B arrow shows the normal width of the lung in the cavity

Pneumonia
– Infeksi pada cedera di dada
– Pembedahan dada
– Pecahnya kerongkongan
– Abses di perut.

Kilotoraks (cairan seperti susu di dalam rongga dada) disebabkan oleh suatu cedera pada saluran getah bening utama di dada (duktus torakikus) atau oleh penyumbatan saluran karena adanya tumor.

Rongga pleura yang terisi cairan dengan kadar kolesterol yang tinggi terjadi karena efusi pleura menahun yang disebabkan oleh tuberkulosis atau artritis rematoid.

PENYEBAB
Dalam keadaan normal, cairan pleura dibentuk dalam jumlah kecil untuk melumasi permukaan pleura (pleura adalah selaput tipis yang melapisi rongga dada dan membungkus paru-paru).

Bisa terjadi 2 jenis efusi yang berbeda:

  1. Efusi pleura transudativa, biasanya disebabkan oleh suatu kelainan pada tekanan normal di dalam Paru-paru.Jenis efusi transudativa yang paling sering ditemukan adalah gagal jantung kongestif.
  2. Efusi pleura eksudativa terjadi akibat peradangan pada pleura, yang seringkali disebabkan oleh penyakit paru-paru. Kanker, tuberkulosis dan infeksi paru lainnya, reaksi obat, asbetosis dan sarkoidosis merupakan beberapa contoh penyakit yang bisa menyebabkan efusi pleura eksudativa.

Penyebab lain dari efusi pleura adalah:

#Gagal jantung
# Kadar protein darah yang rendah
# Sirosis
# Pneumonia
# Blastomikosis
# Koksidioidomikosis
# Tuberkulosis
# Histoplasmosis
# Kriptokokosis
# Abses dibawah diafragma
# Artritis rematoid
# Pankreatitis
# Emboli paru
# Tumor
# Lupus eritematosus sistemik
# Pembedahan jantung
# Cedera di dada
# Obat-obatan (hidralazin, prokainamid, isoniazid, fenitoin,klorpromazin, nitrofurantoin, bromokriptin, dantrolen, prokarbazin)
# Pemasanan selang untuk makanan atau selang intravena yang kurang baik.

GEJALA
Gejala yang paling sering ditemukan (tanpa menghiraukan jenis cairan yang terkumpul ataupun penyebabnya) adalah sesak nafas dan nyeri dada (biasanya bersifat tajam dan semakin memburuk jika penderita batuk atau bernafas dalam).
Kadang beberapa penderita tidak menunjukkan gejala sama sekali.

Gejala lainnya yang mungkin ditemukan:
– batuk
– cegukan
– pernafasan yang cepat
– nyeri perut.

Dengan demikian Pak Andi tidak perlu khawatir lagi jika suatu ketika harus menghadapi kondisi yang mengharuskan gowes malam, karena paru-paru basah bukan disebabkan udara malam yang lembab, juga bukan karena tidur dilantai mengakibatkan kondensasi pada paru-paru atau mandi malam. Kalau masalah udara lembab bukannya udara pagi hari juga lembab? bahkan kadang berkabut tapi malah orang-orang pada Olahraga. Kemudian banyak akhir-akhir ini olahraga misal sepak bola, Moto GP, F1, Basket, Atletik diselenggarakan pada malam hari. Memang aktifitas pada malam hari kurang ideal dan saya pernah membaca bahwa waktu olahraga yang baik adalah sore menjelang petang tetapi saya belum berani menulisnya disini karena sumbernya belum jelas.

Baik, Intinya bersepeda malam tidak berbahaya kecuali kriminalitas.

Sumber:
http://medicastore.com/penyakit/147/Efusi_Pleura.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Pleural_effusion

14 Responses to “Ini Lho, Mungkin Yang Dimaksud Paru-Paru Basah”

  1. dim Says:

    “karena paru-paru basah bukan disebabkan udara malam yang lembab, tidur dilantai mengakibatkan kondensasi pada paru-paru atau mandi malam.”

    maap, jd ini artinya tidur di lantai/karpet dan mandi mlm dpt menyebabkan paru2 basah atau tdk? thx

    • pedalsepedaku Says:

      pertanyaan yg sangat bagus karena juga menjadi koreksi bagi saya. Maaf jika penyusunan kalimat membingungkan🙂

      hal tersebut tidak menyebabkan paru2 basah.

      kalimat yang anda kutip sudah saya revisi.
      terima kasih

  2. dim Says:

    trimakasih atas revisinya..
    1 pertanyaan lg, kondensasi pada paru2 itu sprti apa ya?

    trimakasih bnyk yah mas, smoga blog ini dapat bermanfaat ke lebih bnyk orang..

    • pedalsepedaku Says:

      5 pertanyaan lagi jg gpp kok:mrgreen:

      setau saya dalam mengekplorasi informasi di jagat maya, sebenarnya itu kesimpulan/hasil analisis masyarakat awam/non-medis atau bisa dibilang mitos. jadi paru2 basah karena disebabkan oleh infeksi bakteri bukan karena suhu atau kondisi udara saat itu. hal ini mirip mitos bahwa “mandi malam menyebabkan rematik” padahal bukan air/suhu dingin penyebabnya melainkan salah satunya (ada 150 jenis) adalah pengapuran.

      semoga bisa membantu

  3. dim Says:

    oke trimakasih bnyk mas.
    sudah membuat sy tenang.

    krn sy sering tidur di karpet, dan akhir2 ini dada suka agak ngilu2 menusuk, tp kadang2 saja.
    saya takut kena paru2 basah, makanya gak pernah tdr karpet lg.

    oke kalau bgitu.
    slm sukses mas
    terus bersepeda hehehe..

    • pedalsepedaku Says:

      oke, sama2.

      mungkin anda penderita astma atau bronkitis?. Saya penderita kedua penyakit tersebut dan membuang jauh2 benda yg bernama karpet. hehe lebay…. kata dokter, karpet merupakan media yg “nyaman” aneka macam binatang kecil hingga mikroskopis juga debu. jika makhluk atau bahkan debu saja bisa menyebabkan kambuh jika terhirup. kebetulan saya alergi debu dan pemicu kambuhnya astma adalah alergi.
      tapi walo demikian, saya jarang kambuh dan fisik saya tidak selemah orang2 pikir bahwa penderita gangguan pernafasan pasti nggak kuatan. hoho kalo gowes 100km saja saya masih mampu😀. hehe bukan nyombong lho. itu semua karena bersepeda yg berawal dari jarak pendek.
      oke lain kali aku share pengalamanku ini.

      siap. semangat gowes selamanya!
      sering2 main kesini ya mas😉

  4. dim Says:

    hmm, kl asma mnrt sy gak mungkin deh.. tp temen sy ada yg blg dia kena asma gara2 sring tidur di karpet, jd saya makin anti ama karpet..
    trus kl kyg soal bronchitis, dulu sih prnah dibawa ke dokter, dia blg mungkin bronchitis, tp pas sy minta 2nd opinion, dokter lain blgnya itu masalah di otot dada…

    ya jd sy positif thinking aja sambil trus brusaha hidup sehat..

    oke mas, hebat bisa 100km hehe..

    oke nanti tak main2 kesini yoo, yowess…

  5. Devanda Says:

    Bagaimana sich caranya menyembuhkan paru – paru basah..?????

    ada obatnya.????
    btuh waktu berapa lama untuk proses semua itu…????

    pha sich ciri2 paru-paru basah jika sudah parah..?????

    • pedalsepedaku Says:

      setau saya berdasarkan referensi yg saya ambil, caranya seperti disuntik pada paru2 dan dialirkan melalui selang ke bawah. pasien dalam keadaan berdiri atau duduk sehingga cairan tersedot keluar hingga habis.

      langsung cek ke sumbernya yg sudah saya cantumkan aja daripada nanti saya salah ngasih info🙂

  6. batara kresna Says:

    MOHON TANYA…penyakit saya,

    1.bila saya bersin,selalu dada/paru2 sakit.tidak ada batuk sama sekali.
    ini membuat saya berobat,ternyata dr bilang gejala TBC/radang paru2.
    setelah dirontgen kata dokter paru2 saya berair. dokter memberi saya : rifampicin dan sandoz
    setelah 6 bln berobat rasa sakit tetap sama (tidak berkurang)
    dokter bilang mungkin lama2 juga hilang.dan dianggap selesai berobat.
    hasil rontgennya setelah berobat memang ada perbaikan ke arah normal.
    hal tu diketahui/disetujui oleh 2 dokter.
    apa yg membuat paru2 saya tetap sakit?

    2.apakah tidur malam jam 12 tiap hari mengganggu kesehatan?
    saya hobi aktifitas malam ,berinternet dan nonton.tidur malam 7,5 jam.
    kalu saya tidur malam masih kurang besok sorenya saya tidur lagi.

    3.saya sudah bertanya soal tidur pada dr paru2 tsb.
    tp dr bilang: ” tidur malam [u]tidak terbukti mengganggu kesehatan.”[/u]

    saya pikir sesuatu yg tdk terbukti,blm tentu artinya tidak menggangu kesehatan.itu bisa berarti belum ditemukan buktinya saja.

    saya tanya bagaimana soal jam 10 malam saat/waktu yg mestinya tubuh membuang racun/toksin.
    dr bilang waktu saat kapanpun,tubuh bisa membuang toksin.asalkan kita tidur.
    yg mana yg bener neh ?? nb : saya blm pernah diperas paru2nya. TERIMA KASIH BANYAK.

  7. heri Says:

    lalu knp bisa sampai orang mengatakan tidur di lantai terkena paru2 basah? ada akibat pasti ada sebabnya

    • pedalsepedaku Says:

      @batara kresna:
      saya bukan ahli medis sedangkan pertanyaan anda detil mengenai medis. mohon maaf saya tidak bisa menjawab semua pertanyaan anda. mengenai beraktifitas malam hari, saya sudah tuliskan mungkin “kurang ideal”.

      @heri
      mungkin efek dingin yang mereka permasalahkan.

  8. sammy Says:

    mau nanya….saya berencana jg untuk bike to work, gmana klo baju kita basah dan naek sepeda malam2 ..? apakah bisa kena paru2 basah…?terus ketika sampai dirmh klo saya langsung mandi….gpp..?ato harus gmana mas..?thq

    • pedalsepedaku Says:

      saya pernah basah kuyup dan tetap bersepeda tapi aman2 saja meskipun ini juga hal yg tidak baik bagi kesehatan (mungkin bisa masuk angin).
      sebaiknya jangan langsung mandi, temperatur badan pasca aktifitas cenderung panas dan ketika diguyur biasanya kepala akan menjadi sangat pusing dan malah demam.
      istirahat dulu dan minum banyak air putih baru mandi.
      Banyak perenang melakukan latihan atau kompetisi pada malam hari tapi tidak terkena paru2 basah. begitu juga nelayan. coba baca lagi penyebab paru2 basah diatas.

      ini hanya opini saya dan artikel itu sudah jelas dari situs medis berikut saya cantumkan sumbernya agar lebih sahih.


Leave a Reply

