Besepeda Mencegah Berbagai Penyakit


Setelah tulisan mengenai manfaat bersepeda oleh salah satu profesor di Jerman, kini ada lagi manfaat yang lain berupa mencegah datangnya beberapa penyakit. Berikut penjelasannya bahwa bersepeda dapat mencegah:

  1. Penyakit Pada Kardiovaskular
    Jantung yang sehat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Penyakit pada kardiovaskular terdiri stroke, tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Berspeda secara teratur dapat menstimulasi dan meningkatkan kinerja jantung, paru-paru dan sirkulasi darah. Otot jantung menjadi lebih kuat, denyut nadi lebih teratur dan mengurangi tingkat lemah darah.
  2. Kanker
    Beberapa studi yang telah dilakukan pada hubungan antara olahraga dengan kanker, terutama kanker usus dan payudara. Riset menunjukkan jika kita bersepeda, kemungkinan terserang kanker usus akan turun. Tetap masih sedikit bukti untuk menyarankan bersepeda secara tertatur agar mengurangi resiko kanker payudara.
  3. Diabetes
    Angka diabetes tipe 2 terus meningkat dan menjadi perhatian bagi kesehatan masayarakat. Kurangnya melakukan aktifitas fisik diperkirakan menjadi alasan utama berkembangknya kondisi tersebut. Riset lebih dari 12 tahun, melibatkan 21.000 orang di Finlandia, menemukan bahwa orang yang bersepeda lebih dari 30 menit per hari mendapatkan 40% resiko yang lebih rendah terhadap diabetes.
  4. Cedera tulang dan radang sendi
    Bersepeda meningkatkan kekuatan, keseimbangan dan koordinasi. hal itu juga mencegah jatuh dan patah tulang. Mengendarai sepeda adalah cara olahraga ideal bagi penderita osteoarthritis karena minim benturan dan sedikit tekanan pada persendian.
  5. Sakit Mental
    Nah ini yang terpinting:mrgreen: . Kondisi kesehatan mental seperti depresi, stres dan kecemasan dapat dikurangi dengan rutin bersepeda. Hal ini disebabkan oleh efek dari olahraga itu sendiri dan karena kenikmatan ketika bersepeda.

Osteoartritis (OA, dikenal juga sebagai artritis degeneratif, penyakit degeneratif sendi), adalah kondisi di mana sendi terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi.

Pada sendi, suatu jaringan tulang rawan yang biasa disebut dengan nama kartilago biasanya menutup ujung-ujung tulang penyusun sendi. Suatu lapisan cairan yang disebut cairan sinovial terletak di antara tulang-tulang tersebut dan bertindak sebagai bahan pelumas yang mencegah ujung-ujung tulang tersebut bergesekan dan saling mengikis satu sama lain.

Pada kondisi kekurangan cairan sinovial lapisan kartilago yang menutup ujung tulang akan bergesekan satu sama lain. Gesekan tersebut akan membuat lapisan tersebut semakin tipis dan pada akhirnya akan menimbulkan rasa nyeri. (http://id.wikipedia.org/wiki/Osteoarthritis)

Sistem peredaran darah atau sistem kardiovaskular adalah suatu sistem organ yang berfungsi memindahkan zat ke dan dari sel. Sistem ini juga menolong stabilisasi suhu dan pH tubuh (bagian dari homeostasis). Ada tiga jenis sistem peredaran darah: tanpa sistem peredaran darah, sistem peredaran darah terbuka, dan sistem peredaran darah tertutup. (http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_kardiovaskular)

Sumber: http://www.betterhealth.vic.gov.au

8 Responses to “Besepeda Mencegah Berbagai Penyakit”

  1. indotopten Says:

    Account situs Anda telah disetujui admin indotopten, cek panduan di email atau login di situs indotopten untuk informasi selengkapnya seputar statistik dan rangking situs ini.
    Terima kasih🙂

  2. taufik Says:

    om,, boleh tidak saya meng-copy artikel ini??
    saya ingin kasih tau teman-teman biar pada rajin bersepeda..

    trima kasih.

    • pedalsepedaku Says:

      Boleh silakan. selamat menjalankan misi🙂

  3. agus79 Says:

    mantabs.. goes terus bro..

  4. Mood Says:

    Banyak ya manfaat berseda ternyata
    Sekalian aku izin copy artikel ini buat diblogku, blh gak ?
    Salam Goes goes..

  5. Isnar Says:

    Makasih, saya copy infox buat diketahui teman-teman penggemar sepeda. moga sukses selalu…amin

    • pedalsepedaku Says:

      @Mood n @Isnar
      sama-sama. silakan, monggo dikopi saja. itung2 turut membantu menyebarkan semangat bersepeda untuk diri sendiri dan lingkungan.
      Amien

  6. Sulistiono Says:

    Siip


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: