Fixed Wheel The Urban Style


Sepeda Fixed Wheel atau sering akrab disebut Fixie merupakan style bagi para kaum urban. Biasanya sepeda ini dipakai oleh Messenger atau Kurir jasa ekspedisi. Sepeda ini tidak menggunakan freewheel dan rem (brake). Perputaran crank akan seiring dengan perputaran roda. Weits bentar! nggak pake rem, trus cara berhentinya? ya sebenarnya pakai cuma tidak menggunakan brake lever atau wire. Cara berhenti atau mengurangi gerak lajunya dengan cara memutar crank berlawanan arah dengan perputaran. Hmm, mungkin kalo disekitar kita disebut rem Doltrap.

Fixie Oleh Frederico Salvalaio

Fixie Oleh Frederico Salvalaio

Dalam perkembangannya, fixie tidak hanya dipakai oleh para kurir di perkotaan namun sudah menjadi tren  tersendiri oleh para pesepeda perkotaan bahkan menyaingi folding bike (sepeda lipat). desainnya yang simpel dan perawatannya mudah menjadi alasan mereka memilih fixie. Bahkan di Jogja mulai marak dan terbentuk komunitasnya.

Fixed Gear Hub

Fixed Gear Hub

Mengendarai fixie tidak asal naik, perlu penyesuaian karena dengan sistem pengereman yang berbeda ini membuat agak bingung bahkan tak jarang terjadi slide/ngepot. Selain slide, pengendara juga bisa cedera karena tekanan yang keras saat melakukan pengereman. Melawan arah perputaran crank apalagi saat melaju kencang mengakibatkatkan tekanan/stress yang tinggi pada lutut dan pergelangan kaki. Maka dari itu sebenarnya ada kiat-kiat/teknik mengendarai fixie secara aman dan nyaman bahkan di beberapa negara memiliki regulasinya demi kesehatan dan keamanan. Untukkeamanan, beberapa negara mewajibkan pemakaian rem depan namun negara lain ada yang tidak.

Tertantang pakai fixie?

Sumber: en.wikipedia.org, http://www.fixedgeargallery.com, fixiefreaks.wordpress.com

9 Responses to “Fixed Wheel The Urban Style”

  1. NgeBlogViaPONSEL Says:

    Peh, jadi pengen punya sepeda neh, kapan ya ?

  2. JakaPrasetya Says:

    Kebetulan kakek saya punya sepeda Fixed Wheel. Mungkin model sepedanya aja yang beda😀

  3. pedalsepedaku Says:

    @Sgenk: sekarang aja😀
    @JakaPrasetya: haha benar sekali, memang sejarahnya begitu cuma yg pada gambar itu versi modernnya🙂. Jadi bisa dibilang kakek anda gaul mas hehehe piss😀

  4. rasarab Says:

    ane punya sepeda Fixed Wheel
    emang sepeda ini dulu pernah jaya dieranya, kebetulan ane masih pake juga ampek sekarang
    tapi kekurangan dari sepeda seperti ini adalah kayuhan pertama menjadi agak berat , biasanya roda blakang menjadi lebih cepat gundul:mrgreen: , cocok ni kalu di pake di perkotaan n enak kalau belokan bisa ngepot:mrgreen:

  5. pedalsepedaku Says:

    @rasarab: sekarang dah mulai tanda2 berjaya lagi bro. nah itu dia, tapi kalo dah jalan bisa ngebuuuut wuz wuz… bisa2 tentara jepang ga bisa nembak:mrgreen: soalnya lomba balap velodrome juga pake Fixie. kalo punya , situ join ma klub yg kumpul tiap jumat g? denger2 rame nih

  6. bintang Says:

    koreksi dikit bro
    fixed gear beda sama terpedo…
    terpedo sebenarnya merk hub coaster brake…sistem pengeremanya dengan memanfaaatkan pegas yang mendorong lempengan besi yang menekan di dinding hub (orang jawa bilang bos as) bagian dalam… cara kerja pegas tersebut dengan menggerakkan pedal kerah berlawanan kayuhan…dalam kondisi pedal diam sementara raja melaju (coasting) sepeda tidak mengalami peristiwa pengereman ketika pedal dikayuh berlawanan arah kayuhan baru terjadi pengereman..

    Fixed gear tidak mempunyai sistim pengereman didalam hub seperti terpedo…cog atau gear belakang langsung dipasang mati pada hub biasa…ada yang sistim ulir ada yang sistim di tanam dengan mur/bolt ke dalam hub.. pada peristiwa bersepeda dengan fixed gear kayuhan bisa kedepan atau kebelakang… berarti sepeda fixed gear bisa berjalan mundur ditangan yang ahli…. sementara terpedo akan berhenti atau mengerem bila dikayuh kebelakang. makanya di namakan fixed karena tidak bisa coasting… lebih lengkap ada di sini http://sheldonbrown.com/fixed.html dan http://en.wikipedia.org/wiki/Fixed-gear_bicycle

    • pedalsepedaku Says:

      naah, saya suka pembaca yang seperti ini. selain mau membaca juga mau mengoreksi berikut referensinya juga, mantab dah buat mas/mbak Bintang.

      saya juga bingung ketika saya berntanya kepada seorang pengguna fixie, keterangannya membuat saya bingung trus saya cerita ke orang biasa (paham sepeda scr umum) katanya sistem torpedo. kalo gini saya bisa lebih jelas dan segera saya revisi.

      terima kasih mas/mbak bintang atas masukannya, silakan baca artikel yg lain juga n kalo ada salah mohon dikoreksi lagi🙂

  7. bintang Says:

    nambahin dikit istilah fixed ger lebih dikenal dengan doltrap di jawa tengah bukan terpedo…fixed gear biasa dipakai pada becak2 di jogja

  8. bintang Says:

    saya 100% mas🙂 tapi saya akan sangat berbahagia kalo panjenengan memanggil saya bintang…bintang saja..just bintang
    …tulisan yang asik bro,
    bisa tau idnya bro??
    mungkin kalo kita ketemu bisa ngobrol lebih banyak fbku bintang hanggono


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: