Terima kasih, tidak usah pakai plastik


Jika kita melihat sampah yang berserakan di jalan atau di TPS (Tempat Pembuangan Sampah) mayoritas dihuni oleh tas/kantong plastik. Benda ini begitu praktis dan kuat untuk membawa barang sehingga tidak lepas dari aktifitas kita sehari-hari, tetapi sisi negatifnya adalah sifat plastik yang sangat sulit diurai dan terus terakumulasi hingga berton-ton huga mencemari tanah sedangkan jika di bakar jelas akan mencemari udara.

Mari kita mencoba mengurangi pencemaran tersebut dengan menghemat penggunaan plastik. Tindakan yang paling sering saya lakukan adalah berbelanja membawa tas atau ransel sehingga ketika penjual/kasir akan memasukkan barang belanjaan ke dalam kantong plastik, saya mengatakan “terima kasih mbak, tidak usah pakai plastik” dengan catatan masih memungkinkan tanpa kantong plastik. Pernah juga ketika membeli battery CMOS (baterai untuk mainboard komputer/jam yg bulat pipih) diberi tas plastik ukuran sedang. wew jelas saja saya tolak karena ditaruh di saku pun tidak akan mengganggu.
Idealnya kita bisa tidak sama sekali menggunakan tas plastik namun kini masih sulit sehingga kita harus mengurangi penggunaannya hingga kita benar-benar tidak menggunakannya. Sebenarnya ada produk-produk tas plastik yang bisa terurai namun harganya masih mahal sehingga toko/perusahaan masih enggan menggunakan sebagai pembungkus cuma-cuma.

Mencintai dan menjaga lingkungan bisa dimulai dengan hal-hal kecil seperti ini.

 

gambar: theirearth.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: