Debut Long Trip


Setelah Project-F selesai, langsung “dihajar” untuk perjalanan jauh (long trip) sekaligus juga yang pertama bagi saya. Kali ini rutenya adalah Jogja-Klaten-Delanggu-Kartasura-Solo-Sukoharjo (Solo Baru) dengan jarak sekali jalan sekitar 70 Km.

Perjalanan dimulai dari Jogja pada pukul 16.30 WIB dan hanya 3 orang saja yaitu teman saya Angga, Didit dan Saya. Memang memilih waktu sore hari karena salah satu teman menghadiri acara keluarga.

Masuk daerah Prambanan, kami dihadang hujan ringan sehingga harus menggunakan jas hujan. Setelah itu memang sempat reda namun hujan lagi hingga malam hari, hal ini sekaligus tantangan dalam perjalanan karena saya tidak bisa melihat jalan dengan leluasa disebabkan kacamata terhalang titik-titik air hujan yang menempel apabila diseka malah lebih buram ditambah sudah gelap dan lampu tidak banyak membantu. Satu-satunya cara yaitu teman yang tidak memakai kacamata memimpin di depan dan yang lain mengekor tapi apabila pemimpinnya terperosok maka yang belakang juga ikut terperosok.

Sampai di Solo pukul 21.30 WIB, jadi perjalanan memakan waktu 5 Jam. Wets!. Ini jelas melebihi target yaitu 3-4 Jam saja seperti teman saya yang pernah melakukkannya. Bagaimana mau cepat, kami sering berhenti mulai dari ambil uang di ATM, Sholat, B.A.B, Makan, Beli Pulsa dan hujan sehingga tidak bisa cepat. Halah alesan!.

Setelah istirahat sebentar di City Walk Solo, maka dilanjutkan ke Solo Baru dan ke Stadion Manahan. Karena ngantuk dan capek sudah menyerang maka dilanjutkan mencari tempat untuk tidur namun yang aman dan dipilihlah kantor Harian SOLOPOS. Disinilah yang menarik, awalnya kami meminjam tempat parkir sepeda motor yang tidak terpakai untuk tidur dan dipersilakan tetapi tak lama kemudian kami disuruh tidur dalam POS Satpam sama para SATPAM khususnya oleh Pak Teguh yang ramah, alasannya nanti kami terganggu oleh suara kendaraan yang bersliweran dan suhu yang dingin. Kami berpikir mereka tidak berkenan namun pada saat kami memilih untuk pergi mencari tempat lain saja justru dilarang karena kasihan kepada kami dan barang-barang berikut sepeda rawan untuk dicuri selain itu sempat juga dicarikan Masjid disekitar situ namun gerbangnya dikunci semua dan mereka kembali menyuruh kami untuk tidur di dalam pos. Hmmm walaupun tidur dengan kaki terlipat terus, yaaa sangat bagus ketimbang tidur di emper toko yang tingkat keamanannya 0% sedangkan disitu Pak Teguh dan Kawan-kawannya menjamin 100% kemanan orang, sepeda dan barang-barang kami.

Pukul 04.00 kami bergegas untuk berpamitan karena tau diri lah.. nginep kok tidak kenal waktu dan selain itu kami juga sudah berjanji untuk pergi sebelum subuh padahal tidak ada yang maksa lho.

Keliling kota dimulai berikut sesi foto-foto termasuk foto di depan Dalem Kalitan yaitu kediaman Almarhum Ibu Tien Suharto. Kemudian dilanjutkan sarapan dengan Nasi Sambel Tumpang.

Perjalanan menuju Jogja dimulai pukul 06.30 WIB dan sempat muter-muter nyari jalan keluar dari Solo untuk menuju desa Baki arah Delanggu. Mata masih mengantuk dan tenaga belum full tetap jalan sehingga sampai jogja pukul 12.10 yaitu dengan waktu tempuh 5.5 Jam.IMG_1472

Beginilah debut long trip saya, ternyata nggak kalah seru dengan XC. Mungkin agar lebih seru lagi seharusnya benar-benar jadi gembel artinya dari start cuma bawa uang sesedikit mungkin dan ATM ditinggalkan saja maka tidak hanya saat tidur saja jadi gembelnya mungkin saat makan dan minum juga. Long trip tidak hanya membutuhkan ketahanan fisik, mental dan sepeda namun juga ketahanan dompet. Jelas saja, lapar terus dan tempat kuliner sepanjang jalan.

Selain mengucapkan terima kasih pada Pak Teguh dan kawan-kawan di SOLOPOS, juga kepada semua SPBU khususnya Pasti Pas karena telah menyediakan tempat untuk buang air dan sholat selain itu kami juga disapa dengan ramah meskipun tidak membeli bensin.

IMG_1480

Selanjutnya kemana ya? Ada ide?

11 Responses to “Debut Long Trip”

  1. masmpep Says:

    sip mas. bersepeda keliling kota. buat kepingin aja…

    salam blogger,
    masmpep.wordpress.com

  2. asep Says:

    waduw jadi pingin mas
    da niatan pingin beli sepeda
    sepeda seken yang murah di jogja dimana mas?

  3. pedalsepedaku Says:

    @masmpep
    Ayo kita bersepeda mas.

    salam kenal blogger

    @asep
    Biasanya di Pasar sepeda pojok benteng (joteng) atau di toko sepeda sepanjang Jl. BrigJend Katamso tu ada juga yang murah2.
    ayo ayo bersepeda
    Sego Segawe

  4. cipzto Says:

    ga cape?😀

  5. pedalsepedaku Says:

    @cipzto: cape tapi seneng bang. jadi cepet ilang cape nya

  6. indra Says:

    hem menarik.. yang mau aku tanya rute yang dilalui itu ewat jalan bus, atau lewat pdesaan?
    aku punya rencana untuk tur juga tapi rutenya dari solo – jogja ada saran?
    txu.

    • pedalsepedaku Says:

      Kalo saya sih dari solo lewat solo baru tapi sempat kesasar di pedesaan yang saya nggak tahu namanya tapi tembus desa Baki yang nantinya akan sampai di Jl. Raya Delanggu. Perjalanan lewat situ enak soalnya banyak pohon dan sawah tapi setelah itu tetap lewat jalan propinsi.
      kalo dah nyampe Jogja mau muter2 banyak banget Objeknya.
      Next, mungkin aku mo tour ke Jogja-Bawen-Bandungan. atau ke Jogja-Sragen. deket2 dulu aja maklum belum setingkat Daisuke hehehe

  7. dwisadono Says:

    wuiiiih bikin kepingin aja mas sepeda jarak jauh apalagi pake acara ginep dijalan segala. saya juga mulai untuk bersepada tapi masih jarak deket max 45Km
    selamat ber fun bike mas

  8. pedalsepedaku Says:

    @dwisadono: salam kenal. iya mas lebih seru kalo nginep tapi jangan di penginapan ya istilahnya “nggembel”. 45Km dah cukup jauh, hebat mas tetep rajin gowes ya😉

  9. damarkuncoro Says:

    woh.. Mantap sungguh perjalanan yang mengasikkan……..

  10. pedalsepedaku Says:

    @damar: yok’i banget. tapi akhir2 ini dah jarang touring lagi nih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: