Pelanggaran oleh Pesepeda


(c)bikenewheaven(c)bikenewheavenBerikut beberapa pelanggaran yang sering dilakukan oleh pesepeda. Walaupun tidak semua pesepeda melakukkan hal-hal dibawah ini.

1. Menerabas lampu merah
Seakan-akan lampu lalu lintas hanya diartikan untuk kendaraan bermotor saja padahal diperuntukkan semua pemakai jalan.

2. Jump Start
Hampir sama dengan nomor 1 diatas namun ini lebih ringan yaitu seperti balap motor/mobil. Jump Start berarti sebelum lampu berwarna hijau kendaraan langsung melintas garis lampu lalulintas. Jika di balapan hal ini mengakibatkan hukuman/penalty berhenti10 detik di pitstop. Jika pesepeda saya rasa tidak. Weleh?

3. Menerjang separator
Karena ingin cepat menyeberang padahal terdapat separator (pemisah) jalan maka angkat sepeda dan terjang seperatornya. Sebenarnya tindakan ini berbahaya karena jalan yang terdapat separator biasanya jalan dengan lalulintas yang padat dan cepat jadi carilah “potongan” separator untuk berputar arah atau menyeberang.

4. Bersepeda di trotoar
Lalulintas sangat padat sehingga jadi macet. Melihat trotoar di samping kiri langsung banting stang ke trotoar dan kriiing kriiiing wezzz. Pejalan kaki semakin tersisih.

5. Berbelok tanpa isyarat
Sepeda memang tidak dilengkapi lampu sein tetapi bukan berarti tidak perlu memberi isyarat dan tanda untuk berbelok. Gunakan tangan anda, jika malas setidaknya anda menoleh ke arah dimana anda akan berbelok. Masih malas lagi? Gunakan bahasa tubuh yang lain kalau masih malas lagi sebaiknya berikan sepeda anda kepada orang yang lebih membutuhkannya.

6. Formasi infanteri
Bak satu peleton infanteri, formasi berjejer siap tempur juga dilakukan di jalanan. 2-3 Pesepeda dalam satu baris padahal jalan tidak begitu lebar selain itu diikuti senda gurau yang bisa memecah konsentrasi mereka sendiri. Bukannya mau mendiskreditkan para pelajar namun kebanyakan saya melihat hal ini dilakukan oleh para pelajar dan tidak jarang saya menyenggol pada saat menyalip atau berpapasan dengan mereka karena saya sudah kehabisan ruang gerak.

7. Masuk jalur cepat
Mungkin karena merasa kurang nyaman dan terganggu di jalur lambat sebab akan melakukan sprint alias ngebut. Jika dalam perlombaan memang diijinkan ya kerena sudah ada ijinnya tetapi bagi masyarakat umum tidak diperbolehkan meskipun kecepatannya mencapai 100Km/jam! Yaa karena sudah ada rambu-rambu lalu lintas yang mengaturnya.

Masih banyak lagi pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan. Lho kenapa kok saya menulis seperti ini? padahal saya juga pesepeda. Karena saya terkadang melanggar tata tertib juga maka harus mawas diri kalau sebenarnya ada beberapa orang pengendara kendaraan bermotor membenci para pesepeda karena hal-hal diatas tadi.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda sudah meminimalkan pelanggaran? Atau anda ingin “membagi” pelanggaran anda disini? Silakan tidak usah canggung karena semua untuk menjadi lebih baik.

9 Responses to “Pelanggaran oleh Pesepeda”

  1. bocahmiring Says:

    seancur ancurnya pelanggaran pake sepeda, masih parah becak…:mrgreen:

  2. attena Says:

    Separah parahx becak msh ancur bajaj… :p

  3. pedalsepedaku Says:

    Wah kok malah ancur2an???
    ancur lagi pengendara mabok

  4. bams Says:

    bersepeda jelas salah satu solusi termurah saat ini, meskipun bensin udah turun, tapi tetep, hemat itu perlu. dan mengenai pelanggaran2 di atas, yah maklumlah, component sepeda kan terbatas.

  5. pedalsepedaku Says:

    @bams
    apa hubungannya komponen sepeda dengan pelanggaran khususnya lalulintas?

  6. adikhresna Says:

    Thanks atas diskusinya, ane jadi tahu nih. Maklum lagi nyari2 bahasan tentang sepeda, ane mo beli

  7. pedalsepedaku Says:

    @adikhresna: sama-sama. thanks juga atas kunjungannya. Saya senang sekali kalo ada yang ngajak diskusi tentang sepeda meski saya juga masih awam dan akhir2 ini masih belum bergairah update blog ini.

  8. achtungpanzer Says:

    saya suka yg nomer 2!!!!!!

  9. pedalsepedaku Says:

    @achtungpanzer: Yok i, coz desakan dari belakang pa ya?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: