Suka Dukanya Pakai Fork Rigid

Kata rigid memang mirip dengan salah satu merek part sepeda yang terkenal dengan velg/rims-nya. Rigid dalam bahasa Indonesia menurut kamus artinya kaku, keras. Mudahnya fork rigid adalah fork yang tidak menggunakan sistem suspensi sehingga tidak bisa meredam guncangan. Fork jenis ini sering dipakai di kebanyakan sepeda kuno, sepeda balap, sepeda commuter/road.

Saya akan bercerita mengenai pengalaman menggunakan fork ini karena saya penggemar fork rigid, hmmm ya harus gemar dong lha wong punyanya cuma itu :p.

Yang saya sukai dari fork jenis ini adalah simpel, mudah perawatannya, ringan dan lincah diajak bermanuver apalagi rigid dengan kwalitas materi yang bagus mungkin dari magnesium akan lebih nyaman lagi. Bagaimana dengan kekuatannya? Jika rigid yang benar-benar bagus akan tahan hentakan atau guncangan yang lumayan keras. Kita ambil contoh para freestyler BMX atau olah raga XC yang menggunakan seperti desain sepeda balap. Pada contoh tersebut fork ini mampu menahan hentakan yang bisa saya bilang ekstrim. Saya pernah menonton acara MTV Scared mengenai jatuh terparah. Nomor satunya dipegang seorang freestyler BMX Inggris yang menuruni tangga yang sangat tinggi dan gubraak! Sebenarnya landingnya tidak salah namun roda tidak mampu menahan benturan sehingga roda depan hancur sehingga membuat pengendara terjatuh namun hebatnya fork tidak bengkok. Selain material yang bagus mungkin disain juga mempengaruhi yaitu tebal atau tipis. Read the rest of this entry »

