Material Frame Sepeda


1Saya sering mendengar perbincangan mengenai frame material atau bahan pembuat frame sebuah sepeda. Dari banyak perbincangan tersebut kebanyakan mereka menganggap bahwa frame yang terbuat dari Alumunium (alloy) adalah frame yang terbaik untuk sepeda commuter atau off-road sedangkan frame carbon adalah frame termahal dan terkuat. Disini saya tidak akan menyangkal pendapat mereka, saya hanya tergelitik untuk mencari tahu lebih jauh tentang obrolan tersebut karena saya juga seorang newbie. Berikut hasil penelusuran di ranah maya.

  1. Steel (Baja)

    Bahan ini kaku dan berat. Karena berat maka biasanya didesain dengan diameter tube kecil. Selain berat, dapat lebih mudah timbul karat. Jenis ini mulai ditinggalkan oleh industri sepeda karena saat menyambungkan/mengelas frame sulit dilakukan oleh robot karena tube yang kecil maka diperlukan orang yang mempunyai keahlian dan ketelitian tinggi untuk mengelas frame baja.

    Keunggulan:

    – Lebih kaku

    – Memiliki kekerasan yang baik

    – Penambahan campuran material akan menjadi sangat kuat

    Kelemahan:

    – Berat

    – Resiko korosif besar

  2. Aluminum/Alloy

    Frame aluminum dapat sangat kaku dan ringan karena kepadatannya begitu rendah, kompensasinya diameter tube dibuat lebih besar dan dinding tube lebih tebal. Maka dari itu proses penyambungan yang dilakukan oleh robot mudah dilakukan. Aluminum mempunyai “kelelahan” pada masa pakainya, biasanya diatas 5 tahun aluminum tingakat kekuatan, kekakuan dan presisinya menjadi berkurang dan mudah rusak.

    Keunggulan:

    – Kepadatannya 1/3 dari baja sehingga memungkinkan untuk dibuat tube yang besar.

    – Mudah untuk dibentuk.

    – Murah

    – Ringan namun kuat untuk dinaiki pengendara yang gemuk.

    – Sulit berkarat

    Kelemahan:

    – 1/3 hingga ½ kekuatannya dari baja yang bagus dan titanium atau lebih mudah rusak (crash)

    – Kurang kaku sehingga harus memiliki tube dengan diameter besar. Resiko terbentur dan menjadi rusak sangat besar.

    – Memiliki kekuatan yang dapat lelah.

    – Sulit diperbaiki atau diluruskan kembali

  3. Titanium

    Titanium merupakan bahan yang sangat bagus untuk membangun sebuah frame, dan memberikan kombinasi terbaik antara daya tahan dan bobot. Tingkat kekakuan dan kepadatan titanium hampir sama dengan baja. Frame titanium membutuhkan diameter tube lebih lebar daripada baja namun tidak sebesar aluminum. Titanium sangat tahan terhadap karat dan sangat ringan tetapi kuat. Pesepeda berbadan gemuk/besar juga dapat menggunakan frame dengan bahan ini secara nyaman dan aman. Biasanya frame titanium dicampur 3%-6% aluminum dan 2,5%-4% vanadium hingga mencapai kombinasi terbaik.

    Keunggulan:

    – Ringan

    – Kuat seperti baja

    – Tidak berkarat sehingga tidak membutuhkan lapisan misalnya cat.

    – Tahan lama

    – Tidak memiliki masa kelelahan

    Kelemahan:

    – Tingkat kekakuan setengahnya dari baja.

    – Sangat sulit untuk diperbaiki

    – Mahal

  4. Carbon Fiber (Serat Karbon)

    Juga disebut composite, berupa campuran benang-benang karbon dan epoxy resin. Seperti fiberglass namun dengan campuran benang-benang karbon. Carbon fiber kuat dan ringan dan karena pabrik dapat memutuskan mengenai arah penggunaan fiber, frame dapat dibuat kaku dan frame lain dibuat elastis.

    Keunggulan:

    – Mudah dibentuk bahkan bisa dibuat bentuk frame yang eksotis

    – Tidak berkarat

    – Kekuatan dan kekakuannya dapat dikendalikan

    – Sangat ringan namun kuat

    Kelemahan:

    – Mahal

    – Mudah rusak

    – Tidak tahan api/panas tinggi

    – Pada saat pembuatan dapat telalu kaku atau terlalu lentur.

Demikian beberapa bahan pembangun sepeda,  sebenernya masih ada yang berbahan magnesium namun belum populer karena masih kurang sempurna ya istilahnya masih alpha atau beta. Mungkin juga ada nama material frame lain karena setiap industri sepeda dapat melakukan formulasi sendiri dan namanya juga lain.

Silakan memilih.

17 Responses to “Material Frame Sepeda”

  1. Fuad Says:

    sepeda ga pake bahan bakar PERTAMAX…

    Sepede saya malah sudah saya proteli, saya pilox, sekarang malah bentuke ga karuan, piloxnya pada ngelitox

    Soal bahan frame, saya sama sekali ngga mudenk.
    Pkoknya ikut komen🙂

  2. attena Says:

    Klo saya pilih alloy aja lah, karakteristik bhnx lbh cocok bwt speda commuter, hargany jg ga bgtu mahal dbanding carbon…
    Klo carbon kt org lbh bgus, tp mnrtku tdk coz sifat kimia carbon akan brubah klo kna panas, *panas mthr

  3. pedalsepedaku Says:

    @Fuad
    Thx for ur Comment😉

    @attena
    Yup, Alloy memang pas buat commuter dan saat ini saya masih suka Steel karena terlihat seperti “Muscle Vehicle” hehehe. Wah, naluri disiplin ilmunya keluar nih

  4. akang0632 Says:

    alloy lebih murah dan terjangkau…
    bahannya lebih elastis…dibandingkan dgn carbon yang ;ebih “rigid”

  5. Tomi Hiswara Says:

    Halo slm knal?Mau tanya nich…
    Apa beda : Carbotech Aero Carbon, Carbo Tech LT Carbon,Alux Custom Butted, ALX Paralax 4,ALX Super Lite,ALT SL Carbon, T2T LT Carbon,Alutech.
    Mana yg dominan berbahan dasar Titanium, Aero carbon, Alimunium, Carbon.
    Dan apa spesifikasi bahan dasar SCANDIUM ?

    Apa jenis frame sepeda atw jenis sepeda( Full suspension atw Hard Tail) yg paling ringan klw UNTUK MEDAN YG BANYAK TANJAKANNYA. Spy dipake medan tanjakan terasa ringan?

    trims…Tomi hiswara.

    • pedalsepedaku Says:

      Salam kenal juga mas Tomi,

      Wah sepertinya mas tomi ini dah Advance🙂. jujur saja saya tidak bisa menjelaskan semua itu ya karena memang saya tidak tahu😀. Tapi begini, jika saya perhatikan bahwa semua bahan dasar tersebut adalah carbon, aluminum, titanium dan saya rasa itu sudah merupakan formulasi atau metode pembuatan frame tiap pabrikan yang berbeda. misal pabrik A membuat frame karbon dengan campuran zat X maka namanya pun tidak sekedar Carbon Frame saja atau bisa juga frame aluminum metode pembuatannya tidak dicor tapi ditembakkan (ini cuma misal lho) maka namanya pun juga akan berbeda.

      Aluminum merupakan bahan untuk frame hard/fullsus paling banyak dipake meskipun sudah ada frame carbon untuk downhill.

      Terima kasih kembali dan semoga membantu

  6. iren Says:

    mau nanya…
    kalo sepeda amfibi,, bisa dipake di darat ma air,, kira2 cocoknya pake material yg mana yha??
    thanx…

    • pedalsepedaku Says:

      saya pernah melihat sepeda amfibi. pada dasarnya itu sepeda biasa namun telah dimodifikasi agar bisa mengapung dan berjalan stabil di air. mengenai materialnya saya rasa aluminium, titanium dan carbon adalah yang cocok karena tahan thdp korosi dan ringan tetapi yang termurah adalah aluminium. jika ingin lebih murah, bisa menggunakan chromoly (lihat https://pedalsepedaku.wordpress.com/2009/04/02/frame-chromoly/), bisa juga besi yg dilapisi anti karat misal krom. tetapi masih tetap bisa berkarat namun lebih lama.

      semoga membantu

  7. irfan Says:

    ternyata sepeda zaman sekarang tidak sesederhana yang kita pikir sebelumnya. Kebetulan baru habis beli yang framenya alumunium. Memang lebih ‘enteng’ dari steel dan lebih lincah dikendarai. Salam kenal.

    • pedalsepedaku Says:

      Alloy atau aluminum saat ini menjadi material yg paling mendominasi bisnis sepeda. mungkin salah satu alasannya seperti yg anda utarakan tapi steel still in my heart hehe soalnya sepeda saya steel (Federal 89):mrgreen:
      salam kenal juga. thanks🙂

  8. satriyo Says:

    menarik ulasan anda….. sebagai new biker’s, mohon ulasannya material frame sepeda berbahan dasar kinesium seperti jamis dakkar misalnya…. trims

    • pedalsepedaku Says:

      terima kasih mas Satriyo, saya juga newbie (teknis).
      Menurut sepengetahuan saya, bahan tersebut masih Aluminum atau Alloy seri 6000 yang dikembangkan oleh pabrikan Kinesis maka disebut Kinesium.
      katanya, lebih ringan, lebih kuat dan memiliki masa kelelahan logam yang lebih lama (tahan lama) dari alloy seri 6 yang lain. juga biaya produksi yang rendah membuat harga menjadi lebih murah.
      konon, kinesium mirip dengan Scandium yg dipakai bahan campuran logam untuk pesawat Mig-29 Fulcrum.
      atau referensinya di http://www.kinesisbikes.co.uk.

      semoga membantu, thx

  9. Gus Mushthofa Says:

    kalo yang paling lama umurnya dan terjangkau harganya yang mana gan

    thanks🙂

    • pedalsepedaku Says:

      steel atau hi-ten. kata orang bahan besi. murah dan awet tentu ada kelemahan jg

  10. http://pabrikhelmcustom.com/2-keunggulan-helm-custom-sebagai-barang-promosi-perusahaan-anda Says:

    Hello There. I found your blog using msn. This is a very well written article.
    I will be sure to bookmark it and return to read more of your useful info.
    Thanks for the post. I’ll certainly comeback.

  11. Rizky Says:

    Terima kasih ilmunya…btw masih setiakah sama sepeda federal 89 nya?

  12. duta Says:

    memiliki “kelelahan” dalam masa pakai maksudnya setelah 5 tahun bisa patah gitu mas atau rusak ? atau bagaimana yah? serem jg klo udah 5 tahun keatas bersepeda namun rangkanya rapuh, eh tau2 lagi ngebut patah kan repot juga mas..
    (sepeda saya rangka alloy/almunium)
    mohon penjelasannya mas


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: