Tips Inti Aman Bersepeda Sehari-hari


SR

Mungkin kita beranggapan dalam bersepeda tidak perlu memperhatikan ini-itu yang penting gowes aja. Meskipun sepeda tergolong low speed vehicle kecuali olah raga balap sepeda, kita tetap harus memperhatikan keamanan diri kita saat bersepeda apalagi di dalam perkotaan. Bahkan justru diperkotaanlah yang perlu ekstra hati-hati karena beragamnya kendaraan yang ada. Berikut tipsnya:

  1. Atur kenyamanan sepeda anda saat dinaikki, khususnya pada ketinggian/kemiringan stang, ketinggian seat post, kemiringan sadel dan pedal yang nyaman diinjak. Pastikan kaki anda dapat menginjak tanah dengan baik

    saat tubuh tepat diatas sepeda.

  2. Pastikan semua parts bekerja dengan baik khususnya rem. Periksa juga baut as roda, jika memakai QR teliti dengan benar-benar karena model seperti ini sangat mudah dilepas dan dipasang, biasanya kurang kencang saat menguncinya.

  3. Cek tekanan ban. Jangan terlalu keras karena jika kualitas ban kurang prima akan mudah meletus saat bergesekkan dengan aspal yang sangat panas pada siang hari. Gunakan pompa angin tangan untuk menambah tekanan angin dan sebisa mungkin hindari menggunakan kompressor bertenaga besar untuk mengisinya.

  4. Mentaati rambu-rambu lalu lintas.

  5. Gunakan helm dan gunakan sepatu agar kaki anda terasa nyaman dan konsentrasi tidak terpecah-pecah. Harga helm commuter mulai Rp90.000

  6. Gunakan celana pesepeda. Jika anda menggunakan celana panjang, pastikan bagian paling bawah celana tidak masuk/menyangkut dalam crank atau ruji. Cara untuk mengatasi ini bisa dengan cara mengikat celana panjang bagian bawah agar nge-press.

  7. Gunakan lampu depan/head light dan lampu belakang/tail light pada malam hari. Komponen ini tidak mahal untuk head light mulai seharga Rp25.000 dan untuk tail light mulai Rp10.000 dengan tenaga baterai. Selain itu pasang juga reflektor untuk berjaga-jaga apabila lampu tiba-tiba mati.

  8. Pasang bell pada stang yang mudah dijangkau jari. Karena sepeda nyaris tidak bersuara, biasanya orang/kendaraan yang di depan kita tidak sadar kalau ada sepeda di belakangnya. Yang paling sering mobil yang akan keluar dari parkir. Harga bell sepeda mulai Rp10.000.

  9. Jika sepeda tidak dilengkapi spion, maka sesekali menengok kesamping atau kebelakang gunanya untuk mengetahui kendaraan yang ada di belakang kita hal ini bisa mencegah rasa kaget jika dilalui dan meningkatkan kewaspadaan.

  10. Karena sepeda pada umumnya tidak mempunyai lampu sein (lampu tanda berbelok) maka gunakan isyarat tangan untuk memberi tanda kendaraan di depan dan di belakang kita. Menurut saya hal ini sangat penting! Karena saya sering hampir menabrak pesepeda karena dia tidak memberi tanda saat berbelok meskipun saya juga menggunakan sepeda namun segala bentuk kecelakaan harus tetap dihindari.

  11. Sebaiknya gunakan sadel bag atau ransel untuk membawa barang-barang yang biasa anda simpan di saku celana misal ponsel dan dompet dikarenakan akan menimbulkan rasa tidak nyaman saat mengayuh sepeda dan barang-barang tersebut akan sangat mudah terjatuh. Contoh: seumpama ponsel di celana anda tiba-tiba jatuh mak klothak..! anda akan mengerem mendadak dan mata langsung tertuju ke ponsel itu tanpa menghiraukan apa yang ada dibelakang, samping atau depan anda.

    Harga sadle bag mulai Rp15.000.

Demikian tips aman besepeda, sebenernya masih ada beberapa namun ini poin inti saja dahulu.

Selamat bersepeda😉

9 Responses to “Tips Inti Aman Bersepeda Sehari-hari”

  1. rasarab Says:

    next tipo bro, tunggu pimp my bike jadi😉

    • pedalsepedaku Says:

      Ditunggu bikenya. tapi pimp-nya juga harus safety ya😉

  2. attena Says:

    Wah… Klo spt itu brarti pyku msh jauh d bwh standar dunk, safety’a kurang…

    Tambah 1 lg dj… Sun glasses biar tambh keren..

  3. bocahmiring Says:

    mantebs tips nya! tengkyuk tengkyuk!

  4. alhakim Says:

    berhubung tinggal di desa… sementara kalau pake speda pakai Topi saja😉
    Btw, nice tips

  5. pedalsepedaku Says:

    @attena
    x-trada kurang safety? walah itu udah sangat mencukupi untuk sehari2 kecuali telah mengalami modifikasi yang tidak sesuai standar keamanan.
    Sun Glasses, Nice tips😉

    @bocahmiring
    Oke, tinggal nggowes kan? udah pny sepeda lum nih?

    @alhakim
    Oke gpp, yang penting safety riding dulu.
    terima kasih

  6. dodol Says:

    makasih ya infonya..lg nyari2 sepeda buat muter2 komplek biar hemat ^_^

  7. dwi Says:

    pak, mau izin copy paste buat di website http://www.b2wbogor.org/ boleh tidak?
    sumber tetap di cantumkan

    dwi

    • pedalsepedaku Says:

      silahken, dengan senang hati.
      salam juga untuk pesepeda Bogor🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: