Kenapa Doorprize Harus Mobil/Motor?


Akhir-akhir ini banyak acara Funbike khususnya di kota Yogyakarta bahkan dalam sehari bisa lebih dari 2 acara funbike. Acara biasanya menggandeng para pejabat, alih-alih memberikan contoh kepada masyarakat agar cinta bersepeda seperti para pemimpinnya. Hal yang bagus memang namun ada yang janggal disitu. Yup, jawabannya pada judul tulisan ini. Sebagian besar funbike khususnya yang diselenggarakan oleh instansi yang besar pasti hadiahnya kendaraan bermotor seperti Mobil atau Motor. Lhooo? Bukannya dengan menyelenggarakan acara funbike berikut peran serta pejabat untuk memasyarakatkan sepeda dan yang pasti mengurangi polusi? Ya memang demikian adanya apalagi saya pernah melihat hadiah mobil dan motornya terbilang mahal dan ber-CC besar yang konon boros bahan bakar, weleh???.

Kenapa hadiah/doorprize tidak berupa sepeda saja? Apalagi jika membeli mobil seharga 80jt untuk doorprize, mending dipake membeli sepeda seharga 2jt atau 4 juta agar lebih kelihatan menarik bisa dapat 40 atau 20 buah. Bisa juga berupa beasiswa, voucher diskon beli sepeda dan spareparts, service gratis sepeda selama 2th, asuransi kesehatan dan kecelakaan saat bersepeda, Ruko dll.

Jika saya pelajari, semua itu alasannya adalah meningkatkan daya tarik. Bagaimanapun juga mayoritas masyarakat Indonesia masih menganggap otomotif adalah sebuah ikon kejayaan seseorang itupun juga berlaku bagi saya🙂. Ada juga anggapan “masa’ dari jaman berjuang sampai sekarang masih tetep nyepeda teruus?” boleh-boleh saja berpendapat demikian. Perlu diketahui, negara Jepang tidak dielakkan lagi adalah pemimpin industri otomotif dunia dan produk-produknya pun sangat luar biasa tapi masyarakat Jepang mayoritas menggunakan sepeda untuk alat transportasi jarak dekat. Hal ini tidak ada kaitannya dengan motif ekonomi, beberpa sumber mengatakan mereka menginginkan Jepang yang bersih dan sejuk serta agar tubuh mereka tetap fit sehingga produktifitas tidak menurun bahkan cenderung akan meningkat.

Kalau begitu acara bersepeda berhadiah mobil mungkin sama saja dengan meminta kepada balita untuk menghabiskan makannya dengan diberi imbalan ice cream. Jika kondisi badannya pas benar2 fit, tidak menjadi masalah namun balita tidak akan bercerita apakah sedang tidak fit, bukan?

Kalau saya mengikuti funbike memang benar-benar ingin berpeseda karena bersepeda bersama-sama rasanya sangat nikmat sekali. Andai kata saya dapat doorprize mobil ya Alhamdulillah dan akan saya jual saja mobilnya untuk beli Trek Session 88 DH atau Trek Valencia😉.

Intinya, jangan ikut funbike dengan maksud agar mendapatkan doorprize tetapi bertujuan untuk mencintai lingkungan dan mencinai tubuh Anda. Dapat doorprize ya Alhamdulillah nggak dapat ya tetap semangan gowes.

6 Responses to “Kenapa Doorprize Harus Mobil/Motor?”

  1. cysco Says:

    mungkin karena mobil bernilai jual tinggi, dengan harga mobil yang begitu mahal sekarang ini.., begitu juga dengan motor.., ya kan..

    dan faktor gengsi juga.., indonesia gitu loh.. Hhe bangsa yang mempunyai tinagkat gengsi yang tinggi…, malah bangga dengan produk import.., knp gak produk lokal aja..

  2. bocahmiring Says:

    haruse hadiahe sepeda carbon ya lik:mrgreen:

  3. pedalsepedaku Says:

    @cysco
    Benar bung, balik lagi ke tulisan saya mengenai ikon kejayaan pribadi

    @bocahmiring
    Nah itu carbon lebih sip hehehe🙂

  4. rasarab Says:

    kalu ane milih mentanya aje🙂

    • pedalsepedaku Says:

      kalu ane milih mentanya aje🙂

      sama om, kalo boleh mentahnya aja ya🙂

  5. attena Says:

    Hmmm… Org indo sk salah kaprah…
    Klo ak mending hadiahx seli dahon atw hellios yg framex dr carbon atw giant
    klo hadiahx mentahx mw bwt beli speda pasti syang, eman2 duite…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: