Fun bike: Mengurangi Emisi Karbon. Lelucon!


Alih-alih mengajak masyarakat mengurangi emisi karbon dari kendaraan bermotor, beberapa pihak mengadakan acara fun bike yang begitu meriah dan bermacam-macam doorprize dari yang termurah hingga termahal bahkan ada juga yang dilengkapi hiburan panggung berikut sexy dancer.

Menurut saya ini hanya sebuah lelucon. Memang acara demikian adalah acara yang bagus dan sangat bagus bahkan saya sering ikut karena termasuk upaya menghibur dan menyehatkan masyarakat tetapi tidak untuk mengurangi emisi karbon. Saya berkata demikian karena biasanya fun  bike hanya diadakan pada hari libur atau paling sering hari minggu. Padahal puncak produksi emisi karbon adalah hari kerja dimana hampir setiap manusia melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat yang lain. Sedangkan hari minggu kebanyakan orang beristirahat di rumah, olahraga atau pergi ke rumah saudara, maka dari acara funbike seakan-akan hanya memindah aktifitas saja. Semula orang hanya di rumah menjadi ikut bersepeda bersama, orang yang biasa berolahraga sendiri menjadi tertarik ikut berolahraga dengan yang lain dan  pergi ke rumah saudara, saya rasa tidak terpengaruh oleh acara seperti ini. Biasanya karena sudah diagendakan sebelumnya atau terjadi sesuatu sehingga harus pergi ke rumah saudara.

Selain yang saya sebutkan diatas, biasanya fun bike hanya dibuat sebagai ajang pamer sepeda dan aksesoris oleh sebagian orang. Pernah seorang teman saya bercerita ketika suatu acara fun bike ada yang menggunakan sepeda spesifikasi downhill lengkap dengan helm fullfacenya. ajaib!. Ada juga memanfaatkan acara fun bike untuk meraih simpati masyarakat seorang atau kelompok politik dan ada juga yang memang mencari keuntungan materiil dari acara tersebut. Yaa menurut saya sih sah-sah saja. Tapi tak jarang si punya gawe hanya bersepeda ketika fun bike saja Whew.

Mungkin ada pernyataan “fun bike ini sebagai ajang kampanye lingkungan hidup”. Itu sangat bagus tetapi sayangnya kenapa mesti ada doorprize yang bisa dibilang mahal (misal: mobil)? kenapa harus ada acara panggung yang malah menggunakan genset/diesel menghabiskan energi dan justru memproduksi karbon?. Jika masyarakat yang diundang memang benar-benar ingin berkampanye maka tak perlu berharap hadiah, cukup diberi air mineral atau snack gratis. Dahulu pernah ada acara fun bike yang diselenggarakan salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta dengan doorprize yang spektakuler, tapi semua berakhir ricuh dan peserta tak terkendali mengamuk membakar panggung karena doorprize tak jadi dibagikan semua. Ini salah satu indikasi bahwa orang-orang ikut funbike untuk mendapatkan hadiah.

Orang-orang yang bersepeda sehari-hari untuk pergi ke kantor, ke sekolah, ke kampus, ke toko dan kemana saja adalah ini cara yang paling efektif mengurangi emisi karbon. Jika memang tidak terjangkau sepeda, juga bisa menggunakan kendaraan umum. Bisa juga fun bike pada hari kerja seperti komunitas bike 2 work Jakarta yaitu kumpul di suatu tempat kemudian berangkat kerja bersama-sama dengan menggunakan sepeda, begitu juga ketika pulang kerja. Mirip ketika kita SD atau SMP dahulu bukan?. Satu contoh inilah yang bisa memberikan pembelajaran nyata kepada masyarakat tentang bersepeda untuk kesehatan dan lingkungan hidup.

Kesimpulannya, Fun bike sangat baik untuk menyehatkan dan menghibur masyarakat agar kembali fit saat esok harinya tetapi tidak efektif untuk mengurangi emisi karbon.

6 Responses to “Fun bike: Mengurangi Emisi Karbon. Lelucon!”

  1. CIPTO Says:

    bener banget mas, ane setuju dengan pernyataan mas dj..
    jangan jadiin fun bike cuma buat seru2an n mengaharap door prizenya.. :)

    • pedalsepedaku Says:

      haha pengalaman pribadi bang Cipz nih :D
      betul juga, apalagi hadiahnya motor/mobil trus nggak pernah naek sepeda lagi deh :(

  2. rasarab Says:

    memang benar kayaknya acara acara kayak gitu hanya momen sesaat, bahkan ada yang sok2an pake embel embel CSR padahal tetep aja intine promosi produk :mrgreen: [ akua banget ]
    tapi jujur ane juga tertarik kalu hadiahnya gedhe :mrgreen:

    • pedalsepedaku Says:

      hahaha semoga ada yg tersentil :mrgreen:
      gak masalah hadiah gede n apapun tapi jgn pake judul mengurangi emisi karbon, masak acara mengurangi emisi karbon hadiahnya produsen karbon? :(

  3. Puguh Says:

    Setuju!! begitu ada jargon yang ‘fashionable’ langsung dicomot tanpa pikir panjang…

  4. Geofisika & Semesta Says:

    Salam Kenal..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: