Merancang Sepeda Touring


Saking pinginnya bersepeda long trip (>100 km) tapi nggak kesampaian hingga saat ini, jadi saya cuma bisa membayangkan punya perlengkapan touring di sepeda saya.
Ketika di Jogja dulu ada seorang petualang bersepeda dari German bernama Andreas, saya dan teman-teman berkenalan dengan dia dan sempat bersepeda bareng kemudian yang menarik perhatian saya adalah perlengkapan touring yang melekat di sepedanya (selain internal gear hub yg harganya puluhan juta :shock:). Tas touring merek Ortlieb buatan German menempel di handlebar dengan ukuran besar. Atas dasar itu saya mencoba mengunjungi situs resminya yaa walaupun saya tahu harganya cukup murah (bagi Andreas :mgreen:). Disana ada menu bike configurator gunanya untuk merancang penempatan tas pada sepeda yang telah anda pilih pada “Choose bike”. Tentu saja tas yang dipasang bermerek Ortlieb dan sudah ditentukan letak yang ideal misal rack (boncengan), handlebar, saddle dan fork tapi kita bisa menentukan tiap bagianĀ  apakah akan dipasang tas atau tidak. Selain itu anda juga bisa mengatur warna sepeda yang telah dipilih. Jenis sepedanya pun beragam mulai Trekking, travel, folding, recumbent, children dan road bike.

Berikut sepeda touring rancangan saya:

folding bike touring

Folding Bike Birdy, siap diajak lintas kota

touring bike
Trekking Bike idworkx, penjelajah Nusantara

Tabel Capacity satuannya adalah liter sedangkan Weight satuannya gram.

Kata merancang disini hanya sebatas merancang penempatan tas saja bukan membangun atau merakit sepeda.
Silakan anda buat rancangan anda sendiri pada link sumber dibawah.

Sumber: Ortlieb bike configurator

13 Responses to “Merancang Sepeda Touring”

  1. Nugraha Says:

    Mas,
    Kalo harga ortlieb back roller pannier kira2 berapa yah?
    Saya bisa dapetnya dimana? agak tertarik juga….

  2. daddynaeva Says:

    ada info ga bro dimana beli Ortlieb ?

  3. P'yono Says:

    saya dapet ORTLIEB back pannier roller classic dari evans cycle UK tanpa tambahan ongkos kirim tapi kena tax pabean dan ansuransi shipping, sampai ditangan +/- 1200rb Rp.(pair)

    • pedalsepedaku Says:

      Wow!

  4. pakdjo Says:

    untuk di Jogja, kita bisa mendapatkan pannier merk Eiger dengan harga 400 k sepasang, barang bisa didapatkan di toko tsb. kemudian untuk rack yang lumayan bagus setahu saya super tourist dx buatan topeak denga, n harga sekitar 300 k, rack ini sudah lebih dari cukup koq, ringan dan mampu membawa (maksimal) 25 kg. kemudian untuk tas di handlebar dengan merk Eiger sekitar 350 k, cuma sayangnya untuk tas handlebar ini saya belum pernah mencoba sehingga belum bisa berkomentar banyak.

    • pedalsepedaku Says:

      terima kasih pakdjo. bisa dijadikan referensi bg yg ingin memulai touring bersepeda

  5. pakdjo Says:

    tambahan lagi untuk pannier mer ob bisa di dapatkan di toko outdoor di depan gor UNY dengan harga sekitar 450 k untuk front pannier dan 640 k untuk pannier belakang, bahannya hampir sama dengan panniernya ortlieb, waterproof dengan warna silver-black

  6. widodo Says:

    saya butuh twin pannier bag untuk saya pasang di sepeda saya. dimana ya belinya. untuk merk terserah deh,,,syukur kalau ada yg bagus dan berkwalitas

    • pedalsepedaku Says:

      bukan bermaksud promosi, Eiger sudah mengeluarkan produk untuk keperluan touring sepeda

  7. Ivan R Palenewen Says:

    Bagus GOWES’an nya n pastinya enak. Sampai sekarang saya masih cari itu spackboard seperti gambar diatas untuk ban 700 atau size 27. Adainfo di Jakarta dapat dibeli dimana? Thanks :)

  8. angga Says:

    sering melihat di pasar motor2 pengangkut sayur, dll panier2an buat tenda, karung,terpal, ngangkut ratusan kilo pun diangkut,……………….hidup tenda biru

  9. kangguslan Says:

    di surabaya banyak ortlieb, ada temannya teman saya yg pulang bawa ortlieb banyak, harga di bawah pasaran indonesia katanya. kalau dusana Euro di rupiahkan masih murah, contoh Front Roller classic harga pasaran rp.1.450.000 di jual 1.300.000 minat?

  10. kangguslan Says:

    kalo minat hub aja taman saya namanya Yanuar di Surabaya 081938228922 sekedar info saja, sapa tahu minat.. :)


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

